- Abstract viewed - 433 times
- PDF downloaded - 591 times
Affiliations
Natanael Natanael
Affiliation not stated
Edy Cahyono
Affiliation not stated
Sudarmin Sudarmin
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Henny Ayu Pramesti, Kusoro Siadi, Edy Cahyono, ANALISIS RASIO KADAR AMILOSA/AMILOPEKTIN DALAM AMILUM DARI BEBERAPA JENIS UMBI , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 4 No 1 (2015)
- Hendry Oktaviyanto Budiman, Sudarmin Sudarmin, Ersanghono Kusumo, PENGARUH KONSENTRASI KOH DAN ZEOLIT TERHADAP METIL ESTER PRODUK MINYAK AMPAS KELAPA , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 4 No 1 (2015)
- Dian Kumala Sari, Edy Cahyono, ISOLASI 1,8-SINEOL DARI MINYAK KAYUPUTIH DAN UJI AKTIVITASNYA SEBAGAI FUMIGAN Sitophilus oryzae , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 5 No 1 (2016)
- Syafaatunniyah Syafaatunniyah, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA , Chemistry in Education: Vol 7 No 1 (2018): Terbit bulan April 2018
- Anis Widayani, Edy Cahyono, Harjono Harjono, Isolasi dan Uji Antioksidan Minyak Atsiri Daun Sirih Merah (Piper crocatum Ruiz & Pav.) pada Minyak Goreng Curah , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 3 (2018)
- Apriza Marfina, Edy Cahyono, Sri Mursiti, Harjono Harjono, Sintesis Nanopartikel Emas dengan Bioreduktor Minyak Atsiri Kayu Manis (Cinnamomum Burmannii) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Tri Septiyaningsih, Edy Cahyono, Nanik Wijayati, Identifikasi Senyawa Minyak Daun Kari (Murraya koenigii) dan Kajian Reaksi Oksidasinya dengan KMnO4 , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 3 (2019)
- Yuni Nur Azizah, Edy Cahyono, Analisis Pemahaman Konsep dan Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Hidrolisis Garam dengan Model Flipped Classroom Learning , Chemistry in Education: Vol 8 No 2 (2019): Terbit bulan Oktober 2019
- Rizqi Anisa, Edy Cahyono, Woro Sumarni, Eko Budi Susatyo, Implementasi Design Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Elektrokimia , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Oktaviony Tiara Kusuma, Endang Susilaningsih, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Pengembangan Bahan Ajar Materi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual dalam Kehidupan Sehari-Hari , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
Pengembangan Bahan Ajar Materi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual dalam Kehidupan Sehari-Hari
Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
Submitted: Dec 23, 2020
Published: Jun 24, 2022
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui ciri khas bahan ajar materi redoks berbasis pemecahan masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari, mengukur tingkat keefektifan bahan ajar materi redoks berbasis pemecahan masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan collaborative problem solving peserta didik, serta menganalisis tingkat kepraktisan bahan ajar materi redoks berbasis pemecahan masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Ciri khas yang disajikan dalam pengembangan bahan ajar materi redoks berbasis pemecahan masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari bermuatan masalah-masalah yang bersifat kontekstual dengan memiliki ilustrasi yang membantu peserta didik memahami materi dan dapat menumbuhkan keterampilan abad 21 peserta didik yaitu Collaborative Problem Solving Skill sebesar 86,45%. Keefektifan bahan ajar dilihat dari hasil ketuntasan klasikal dimana ketuntasan klasikal sebesar 76,05%. Terdapat 3 indikator penilaian respon peserta didikyaitu indikator penilaian ketertarikan didapat pada respon awal sebesar 80,8% dan respon akhir 81%. Pada indikator penilaian kelayakan isi didapat pada respon awal sebesar 80% dan respon akhir 82%. Pada indikator penilaian kebahasaan didapat pada respon awal sebesar 82,5% dan respon akhir 84%. Sehingga berdasarkan kriteria dengan menghitung penilaian peserta didik diperoleh respon awal sebesar 80% dan respon akhir sebesar 82,19% dengan kriteria “Sangat Menarikâ€.