- Abstract viewed - 8764 times
- PDF downloaded - 17944 times
Affiliations
Yosi Pratama
Affiliation not stated
Agung Tri Prasetya
Universitas Negeri Semarang
Latifah Latifah
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Octavia Uriastanti, F. Widhi Tri Mahatmanti, Agung Tri Prasetya, Erlin Purwita Sari, PREPARASI DAN KARAKTERISASI SILIKA LIMBAH LEACHING ZIRKON SEBAGAI ADSORBEN ION Fe(III) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 5 No 3 (2016)
- Lutfi Nurbaeti, Agung Tri Prasetya, Ella Kusumastuti, Arang Ampas Tebu (Bagasse) Teraktivasi Asam Klorida sebagai Penurun Kadar Ion H2PO4- , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 2 (2018)
- Andi Lana Prasetiowati, Agung Tri Prasetya, Sri Wardani, Sintesis Nanopartikel Perak dengan Bioreduktor Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) Uji Aktivitasnya sebagai Antibakteri , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 2 (2018)
- Septiani Yuni Rahmawati, Jumaeri Jumaeri, Agung Tri Prasetya, Pengaruh Penggunaan Zeolit Alam sebagai Pengikat Impuritas pada Pembuatan Garam , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 3 (2019)
- Tiwi Prasetyaningtyas, Agung Tri Prasetya, Nuni Widiarti, Sintesis Nanopartikel Perak Termodifikasi Kitosan dengan Bioreduktor Ekstrak Daun Kemangi (Ocimum basilicum L.) dan Uji Aktivitasnya sebagai Antibakteri , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 1 (2020)
- Aflin Nur Farikhah, Sri Mursiti, Agung Tri Prasetya, Uji Aktivitas Antibakteri Senyawa Triterpenoid dari Biji Karika (Carica pubescens) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Endiyana Pratiwi, Agung Tri Prasetya, Optimasi Metode Analisis Kadar Surfaktan Anion Menggunakan Methylen Blue Active Subtances dengan Spektrofotometer Ultraviolet Visible , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Nur Mahiyatus Sholikhah, Agung Tri Prasetya, Endang Susilaningsih, Woro Sumarni, Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Identifikasi Keterampilan Laboratorium Peserta Didik pada Materi Titrasi Asam-Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Tasya Syalsya Dhila, Endang Susilaningsih, Nanik Wijayati, Agung Tri Prasetya, Pengembangan Asesmen Tes Penilaian Bermuatan Triangle Level pada Pemahaman Konsep Materi Laju Reaksi , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Nur Khofifah, Agung Tri Prasetya, Sri Haryani, Nanik Wijayati, Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar , Chemistry in Education: Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar
Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
Submitted: Feb 8, 2023
Published: Jan 23, 2024
Abstract
Kimia kurang diminati oleh peserta didik karena materi kimia dianggap sulit dipahami. Kesulitan memahami kimia berdampak pada hasil belajar peserta didik. Model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan penemuan peserta didik sehingga mereka dapat memperoleh kesuksesan belajar lebih optimal dan membangunkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dengan model Discovery Learning berbantuan aplikasi Edmodo materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Kedungwuni. Cara yang digunakan dalam teknik penarikan sampel yaitu teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode tes berupa soal Multiple Choice untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik berupa soal pretest dan soal posttest sedangkan metode non tes berupa lembar angket motivasi untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi biserial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang kuat berdasarkan nilai korelasi biserial terhadap motivasi belajar dan hasil belajar yang diperoleh sebesar 0,82 dan 0,80 dengan koefisien determinasi sebesar 64% dan 67,24%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Edmodo terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pada peserta didik.