- Abstract viewed - 632 times
- PDF downloaded - 1019 times
Affiliations
Eka Hartanti
Affiliation not stated
F. Widhi Mahatmanti
Affiliation not stated
Eko Budi Susatyo
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Syafaatunniyah Syafaatunniyah, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA , Chemistry in Education: Vol 7 No 1 (2018): Terbit bulan April 2018
- Restu Indah Larasati, Sri Haryani, Eko Budi Susatyo, Serbuk Kulit Jagung untuk Menurunkan Kadar COD dan BOD Air Sumur Gali , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 1 (2018)
- Novanda Varantika, Eko Budi Susatyo, Woro Sumarni, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK PENGETAHUAN PADA MATERI HIDROLISIS-BUFFER , Chemistry in Education: Vol 7 No 2 (2018): Terbit bulan Oktober 2018
- Siska Shelvia Deviani, F. Widhi Mahatmanti, Nuni Widiarti, SINTESIS DAN KARAKTERISASI ZEOLIT DARI ABU SEKAM PADI MENGGUNAKAN METODE HIDROTERMAL , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 1 (2018)
- Aris Wijayanti, Eko Budi Susatyo, Sukarjo Sukarjo, Cepi Kurniawan, Adsorpsi Logam Cr(VI) Dan Cu(II) Pada Tanah Dan Pengaruh Penambahan Pupuk Organik , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 3 (2018)
- Parpulungan Hutasoit, Nanik Wijayati, F. Widhi Mahatmanti, Reaksi Isomerisasi α-Pinena Minyak Terpentin dengan Katalis Zr-Zeolit Alam menggunakan Microwave , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 2 (2018)
- Widya Rosanti, Nur Rizky Amalia, Harjito Harjito, Eko Budi Susatyo, ANALISIS KETERAMPILAN DASAR LABORATORIUM DENGAN PEMBELAJARAN POGIL PADA MATERI TITRASI ASAM BASA , Chemistry in Education: Vol 8 No 1 (2019): Terbit bulan April 2019
- Rizka Ayu Melykhatun, F. Widhi Mahatmanti, Nanik Wijayati, Pengembangan Media Chemo-Edutainment (CET) Berbasis Intertekstual sebagai Media Pembelajaran Kimia SMA Kelas XI Materi Hidrokarbon , Chemistry in Education: Vol 8 No 2 (2019): Terbit bulan Oktober 2019
- Rizqi Anisa, Edy Cahyono, Woro Sumarni, Eko Budi Susatyo, Implementasi Design Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Elektrokimia , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Oktaviony Tiara Kusuma, Endang Susilaningsih, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Pengembangan Bahan Ajar Materi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual dalam Kehidupan Sehari-Hari , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
Pengembangan Bahan Ajar Materi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual dalam Kehidupan Sehari-Hari
Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
Submitted: Dec 23, 2020
Published: Jun 24, 2022
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui ciri khas bahan ajar materi redoks berbasis pemecahan masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari, mengukur tingkat keefektifan bahan ajar materi redoks berbasis pemecahan masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan collaborative problem solving peserta didik, serta menganalisis tingkat kepraktisan bahan ajar materi redoks berbasis pemecahan masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Ciri khas yang disajikan dalam pengembangan bahan ajar materi redoks berbasis pemecahan masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari bermuatan masalah-masalah yang bersifat kontekstual dengan memiliki ilustrasi yang membantu peserta didik memahami materi dan dapat menumbuhkan keterampilan abad 21 peserta didik yaitu Collaborative Problem Solving Skill sebesar 86,45%. Keefektifan bahan ajar dilihat dari hasil ketuntasan klasikal dimana ketuntasan klasikal sebesar 76,05%. Terdapat 3 indikator penilaian respon peserta didikyaitu indikator penilaian ketertarikan didapat pada respon awal sebesar 80,8% dan respon akhir 81%. Pada indikator penilaian kelayakan isi didapat pada respon awal sebesar 80% dan respon akhir 82%. Pada indikator penilaian kebahasaan didapat pada respon awal sebesar 82,5% dan respon akhir 84%. Sehingga berdasarkan kriteria dengan menghitung penilaian peserta didik diperoleh respon awal sebesar 80% dan respon akhir sebesar 82,19% dengan kriteria “Sangat Menarikâ€.