Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi peran media sosial menunjukan sebagai media promosi dalam berbagai bidang sangatlah berpengaruh besar. Namun, hingga saat ini belum muncul penelitian mengenai efektivitas peran dan jenis media sosial dalam menarik minat masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis peran media sosial dalam mempengaruhi keputusan masyarakat untuk mengikuti Pati Futsal and Dance Competition. Fokus pada penelitian ini adalah tentang analisis pengaruh media sosial terhadap keputusan peserta dalam mengikuti event olahraga pati futsal and dance competition di kabupaten Pati. Hasil penelitian menunjukkan media sosial memiliki peranan penting dalam mempengaruhi keputusan mengikuti event. Hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0.000 (<0,05). Hasil penelitian tersebut juga diperkuat oleh penelitian terdahulu yang telah dilakukan yang menunjukkan hasil bahwa electronic word of mouth, komunitas daring, dan iklan daring di media sosial berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli. Dapat disimpulkan bahwa media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap minat untuk menjadi peserta dalam kegiatan tersebut. Pengaruh langsung media sosial terhadap minat untuk menjadi peserta adalah sebesar 0.000 yang berarti bahwa tinggi rendahnya minat konsumen dipengaruhi oleh media.