Agustina, G., (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Anak Autis di SLB Khusus Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Skripsi UNY.
Burhaein, E., Tarigan, B., Budiana, D., Hendrayana, Y., Phytanza, D. T. P., Lourenço, C., ... & Festiawan, R. (2021). Dimensions in The Learning Implementation and Strategies of Adapted Physical Education for Children with Special Needs during the COVID-19 Pandemic: A Literature Review & Grounded Theory. Sport Science, 15(1).
Deby, L.C., (2015). Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tunagrahita di SLB Negeri Sleman. Skripsi UNY.
Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 115-121. https://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/viewFile/9799/pdf
Fefrian, Y., Mardhika, R., Santika, R. H., & Sumardi, S. (2020). Penjas Adaptif Bagi Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Siswa Budhi Surabaya. SPEED Journal: Journal of Special Education, 3(2), 101-106. ISSN 2580-7226. http://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/speed/article/view/288/288
Fitriatun, E. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SDN 20 MATARAM. JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM) e-ISSN 2745-5882 p-ISSN 2962-2956, 2(2), 446-449. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/1103/927
Hastata, L. T., Sugiyanto, S., & Hidayatullah, M. F. (2019). Adaptive Children'S Management Of Special Education In Special Research School Inclusive Education (Case Study of Management of Adaptive Physical Education at Organizing Middle School Inclusive Education in Boyolali Regency). Journal of Education, Health and Sport, 9(4), 204-209.
Huda, S. (2021). Socialization and Debriefing in Educating Mentally Retarded Children: Optimizing Teacher Strategies in Teaching. Smart Society: Community Service and Empowerment Journal, 1(2), 43-51.
Jannah, W. (2021). Menjadi Guru Profesional: Memahami Hakikat dan Kompetensi Guru.
Khikmah, A., & Winarno, M. E. (2019). Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani di madrasah tsanawiyah (mts) se-kecamatan klojen kota malang pada semester ganjil tahun 2017. Indonesian Journal of Sport and Physical Education, 1(1), 12-19. http://journal2.um.ac.id/index.php/jospe/article/view/9877/4434
Komalasari, E. (2019, May). Peran Guru Dalam Media Dan Sumber Belajar Di Era Disrupsi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 439-448). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5795/4148
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8-12.
Munawwaroh, A. (2021). The use of ‘snake ladder’as English teaching media for mentally retarded students: a case study of SLB (sekolah luar biasa) Sasanti Wiyata Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel).
Nitra, O., (2020). Metode Guru Dalam Mengajarkan Mata Pelajaran Penjaskes Pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri 01 Kota Bengkulu. Skripsi IAIN Bengkulu.
Sari, S. F. M., BINAHAYATI, B., & TAFTAZANI, B. M. (2017). Pendidikan bagi anak tuna grahita (Studi kasus tunagrahita sedang di SLB N Purwakarta). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). ISSN 2581-126. http://journal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/14273/6900
Sormin, D., & Kumalasari, I. (2019). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunagrahita di SLB C Muzdalifah Medan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 1-24. ISSN 2460-609X. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/TZ/article/view/1596
Suchyadi, Y., Ambarsari, Y., & Sukmanasa, E. (2018). Analysis of Social Interaction of Mentally Retarded Children. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies), 2(2), 17-21.
Taufan, J., Ardisal, A., Damri, D., & Arise, A. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak dengan Hambatan Fisik dan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 19-24. ISSN 2598-2508. https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/496/26
Widiyanto, W. E., & Putra, E. G. P. (2021). Pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Sport Science And Education Journal, 2(2). ISSN 2722-1954. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/sport/article/view/1052/641
Zaka, Q., (2016). Minat Siswa Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SLB-C Yayasan Pendidikan Luar Biasa Demak. Skripsi UNNES.