Adi, S., & Hartati, S. C. Y. (2015). Interaksi Edukatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Madrasah Ibtidaiyah Se- Kecamatan Kota Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 803–807.
Anita, J., Nasir, A., & Yunus, M. (2013). Pengaruh Penempatan dan Beban Kerja terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya Pada Prestasi Kerja Pegawai. Jurnal Manajemen, 2(1), 67–77.
Djollong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1), 86–100. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224
Hanafi, A., Ulfatin, N., & Zulkarnain, W. (2020). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Broadcasting dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 52–60. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/
Kumparan.com. (2018). Polemik Ekskul Pecinta Alam di Lingkungan Sekolah. https://kumparan.com/millennial/polemik-ekskul-pecinta-alam-di-lingkungan-sekolah-21dM5TZG7F
Laia, S., & Zagoto, S. F. L. (2022). Hubungan Kondisi Lingkungan Sekolah dengan Aktivitas Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Onolalu. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 1–13. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling
Liliana. (2014). Pengembangan Permainan Water Ringball dalam Aktivitas Luar Kelas Pada Pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 1 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 3(12), 1454–1457. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr
Nuryanto, S. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 5(1), 151–168.
Putranto, M. H. (2019). Pemahaman Pendaki Gunung tentang Pertolongan Pertama pada Kegiatan Pendakian di Basecamp Promasan Gunung Ungaran [(Skripsi, Universitas Negeri Semarang)]. http://lib.unnes.ac.id/37267/1/6102415061__Optimized.pdf
Rif’an, M., Januarsa, A., & Meiralasari, D. (2018). Perancangan Dokudrama Pendakian Gunung sebagai Pembentukan Karakter Pendaki. Jurnal Rekamakna, 1–12.
Romdhoni, M. (2022). Studi Pemahaman Konsep Pendaki Pemula terhadap Kebutuhan Nutrien terhadap Pendakian. Jurnal PADE: Pengabdian & Edukasi, 4(2), 51–54.
S, A., & Soenyoto, T. (2020). Sport Specific Class Analysis And Urgency. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(2), 192–200. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i2.790
Saputri, N., & Sa’adah, N. (2021). Pengembangan Minat dan Bakat Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 172–187.
Setyawan, H., & Dimyati. (2015). Model Permainan Aktivitas Luar Kelas untuk Mengembangkan Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Siswa SMA. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 164–177.
Suryanda, A., Miasyah, M., & Septiani, D. (2020). Pembentukan Perilaku Tanggung Jawab Lingkungan melalui Keikutsertaan Siswa SMA dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Pecinta Alam. Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 94–103. https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/2764