PENYULUHAN HUKUM PERSOALAN PERTANAHAN PADA WARGA RT 001 RW 029 KELURAHAN MOJOSONGO KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA

Main Article Content

FEMMY SILASWATY FARIED
SUPARWI SUPARWI

Abstract

Persoalan pertanahan tentu saja kerap terjadi terlebih bagi masyarakat umum yang sangat tidak paham dengan pengaturan peraturan perundang-undangan. Persoalan mengenai tanah, jenis tanah, jenis hak atas tanah, bagaimana peruntukan hak katas tanah, bagaimana  pendaftaran tanah serta dimana dan bagaimana cara penyelesaian sengketa. Metode pengabdian yang dipergunakan adalah dengan melihat secara empiris, bagaimana persoalan yang timbul dan bagaimana aturan yakni pengaturan dari Undang-Undang Dasar Tahun 1945, Undang-Undang Pokok Agraria dan Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional, pelaksanaan pengabdian dengan cara memaparkan materi setelah itu tanya jawab dengan mempergunakan power point, dan LCD proyektor. Pengabdian dihadiri oleh ketua RT 001 RW 029 serta para warganya yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan kantor RT 001 RW 029 Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Tujuan pengabdian ini adalah sebagai upaya sosialisai peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan  pertanahan, mengingat banyaknya persoalan yang timbul dari permasalahan tentang tanah tersebut.

Article Details

How to Cite
FARIED, FEMMY, and SUPARWI SUPARWI. 2020. “PENYULUHAN HUKUM PERSOALAN PERTANAHAN PADA WARGA RT 001 RW 029 KELURAHAN MOJOSONGO KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA”. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia (Indonesian Journal of Legal Community Engagement) 2 (2), 126-40. https://doi.org/10.15294/jphi.v2i2.35257.
Section
ARTICLE

References

Buku :
Adi Sasono dan Ali Sofyan Husein. 1995. Ekonomi Politik Penguasaan Tanah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Boedi Harsono. 2003. Hukum Agraria Indonesia, Sejarah Pembentukan Undang-Undang Pokok Agraria, Isi dan Pelaksanaannya, Jilid I Hukum Tanah Nasional. Jakarta: Djambatan
Peter Mahmud Marzuki. 2010. Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Soerjono Soekanto. 1985. Pengantar Penelitian Hukum, cetakan ke-3, Jakarta: UI Press
Supriadi. 2010. Hukum Agraria, Cetakan Keempat. Jakarta: Sinar Grafika
Perundang-Undangan :
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok Agraria
Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang
Internet :
https://www.atrbpn.go.id/Publikasi/Standar-Prosedur di akses pada tanggal 29 Agustus 2019 pukul 11.00 WIB.