PENERAPAN ALAT PERAGA BERBASIS LED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMERIKSAAN DAN TROUBLESHOOTING MOTOR STARTER TIPE PLANETARI

  • Oddie Febriyono Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Dwi Widjanarko Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: visual aid, motor starter planetary, learning result, inspection and troubleshooting motor starter.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi pemeriksaan dan troubleshooting motor starter tipe planetari antara siswa yang diterapkan alat peraga dengan siswa yang tidak diterapkan alat peraga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian true experimental design dengan pendekatan pre-test post-test control group design, menggunakan tes sebagai alat pengumpulan data penelitian. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata hasil belajar kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 6,35 dan kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 11,37. Dengan demikian dapat dikatakan  bahwa pembelajaran dengan media alat peraga sistem starter tipe planetari dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi pemeriksaan dan troubleshooting motor starter.

The purpose of the research was to find out the increase of student learning result in inspection and troubleshooting of motor starter planetary-type competence between student who applied visual aid and student who doesn’t applied visual aid. The research was using true experimental design with pre-test post=test control group design, and using test as collected research’s data. The sample taken with technic simple random sampling. Collected data was using test methods, analysis data use Normalitas’s test, Homogenitas’s test and T-test. The result of this research showed that the average result of learning from control’s class increased 6,35 and experimen’s class increased 11,37.  This research can be said that learing with visual aid of starter planetary-type systems can improve the result of inspection and troubleshooting of motor starter planetary-type competence.

 

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto, 2003. Dasar-Dasar Teknik Mobil. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Natawidjaja, Rochman. 1979. Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bunda Karya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toyota Astra Motor .1994. Toyota Service step 2. Jakarta: PT Toyota Astra Motor

Published
2015-07-01