MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMAHAMAN DIFERENSIAL DENGAN PERAGA DIFERENSIAL LIGHT EMITING DIODE (LED)

  • Ryan Febrianto Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Suwahyo Suwahyo Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Supraptono Supraptono Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: differential display Emiting Light Diode (LED), the value of learning outcomes, competency

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan peraga diferensial LED dapat meningkatkan kompetensi pemahaman diferensial dengan menggunakan analisis butir soal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-test Post-test Control Group Design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada kedua kelompok. Hasil belajar siswa pada kelompok kontrol semula 59,20 menjadi 80,27 dengan peningkatan sebesar 35,6%. Pada kelompok eksperimen semula yaitu 59,07 menjadi 88,53 dengan peningkatan yang sebesar 49,8%. Ada pengaruh penggunaan peraga LED (Light Emiting Diode) diferensial terhadap nilai hasil belajar siswa dalam pelajaran chasis dan pemindahan, yaitu nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan peraga lebih tinggi daripada nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah biasa.

The purpose of this study was to determine whether the learning is done using differential display LEDs can improve differential understanding of competence using analysis items. This study used an experimental method with pre-test research design Post-test Control Group Design. Results of data analysis showed that an increase in the average value of learning outcomes in both groups. Student learning outcomes in the control group was originally 59.20 to 80.27 with an increase of 35.6%. In the original experimental group is 59.07 to 88.53 with increase of 49.8%. There is a visual effect of using LED (Light Emiting Diode) to the differential value of student learning outcomes in subjects chassis and displacement, ie the value of the learning outcomes of students who are taught using visual higher than the value of the learning outcomes of students who are taught by regular lecture method.

References

Arikunto S. 2006. Prodesur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta

Dinar D. 2001. Analisis Kerusakan Mekanisme Differential Gear (Gardan) Pada

Mobil Isuzu Panther Tipe Tbr. Jurnal R & B. Volume I No.2 : 41-46

Indra D. 2010. Aplikasi Peraga Karakter Dengan Dot Matrix LED Display 5x8 (5 kolom- 8 baris) Berbasis Mikrokontroler. Jurnal ILKOM., Volume 2 No 3 : 201-209

Kountur R. 2005. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta : Penerbit PPM

Nurseto T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi

& Pendidikan, Volume 8 Nomor 1 : 19-35

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Sudjana N. 2010. Dasar –Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Published
2014-07-01