PENGGUNAAN PERAGA SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR CDI-DC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI IDENTIFIKASI SISTEM PENGAPIAN

Main Article Content

Tahroni Tahroni
Dwi Widjanarko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa, sebelum dan setelah menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC. Penelitian menggunakan desain eksperimen jenis control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Semarang yang berjumlah 61 siswa terbagi dalam dua kelas yaitu XI TSM 1 dan XI TSM 2. Penelitian diambil berdasarkan total sampling/sampling jenuh dengan siswa kelas XI TSM 1 sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI TSM 2 sejumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar materi identifikasi sistem pengapian sebelum menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC (pre test) hasilnya tidak ada perbedaan. Sedangkan hasil belajar materi identifikasi sistem pengapian sepada motor CDI-DC setelah menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC (post test) terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya rata-rata hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC sebesar 64,33 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC sebesar 82,95 dengan demikian ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Ashar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kusari & Wahyudi, 2011. Penerapan Peraga Berbasis Light Emiting Diode Pada Pembelajaran Cara Kerja Motor Starter Tipe Reduksi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 11.1: 21-24

Mujianto & Suwahyo. 2011. Penerapan Peraga Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Kompetensi Elektrik Power Steering Pada Mahasiswa D3 Teknik Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 11.2:72-75

Mulyasa, E. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya

Nopilar, Aris & Danang Dwi Saputro. 2011. Penerapan Panel Peraga Sistem Pengapian Dalam Model Pembelajaran Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 11.1:1-4

Nursamsudin, M. Burhan Rubai Wijaya & Rahmat Doni Widodo. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Sistem Pengapian Full Transistor Menggunakan Media Peraga Distributor Board Panel. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 10.1:36-42

Rifai, Achmad R.C. & Catharina Tri Anni. 2011, Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press

Sugandi, Achmad & Haryanto. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES PRESS

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet