PENGGUNAAN PERAGA SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR CDI-DC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI IDENTIFIKASI SISTEM PENGAPIAN

  • Tahroni Tahroni Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Dwi Widjanarko Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Peraga Pembelajaran, Sistem Pengapian CDI-DC, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa, sebelum dan setelah menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC. Penelitian menggunakan desain eksperimen jenis control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Semarang yang berjumlah 61 siswa terbagi dalam dua kelas yaitu XI TSM 1 dan XI TSM 2. Penelitian diambil berdasarkan total sampling/sampling jenuh dengan siswa kelas XI TSM 1 sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI TSM 2 sejumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar materi identifikasi sistem pengapian sebelum menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC (pre test) hasilnya tidak ada perbedaan. Sedangkan hasil belajar materi identifikasi sistem pengapian sepada motor CDI-DC setelah menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC (post test) terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya rata-rata hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC sebesar 64,33 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC sebesar 82,95 dengan demikian ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Ashar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kusari & Wahyudi, 2011. Penerapan Peraga Berbasis Light Emiting Diode Pada Pembelajaran Cara Kerja Motor Starter Tipe Reduksi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 11.1: 21-24

Mujianto & Suwahyo. 2011. Penerapan Peraga Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Kompetensi Elektrik Power Steering Pada Mahasiswa D3 Teknik Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 11.2:72-75

Mulyasa, E. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya

Nopilar, Aris & Danang Dwi Saputro. 2011. Penerapan Panel Peraga Sistem Pengapian Dalam Model Pembelajaran Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 11.1:1-4

Nursamsudin, M. Burhan Rubai Wijaya & Rahmat Doni Widodo. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Sistem Pengapian Full Transistor Menggunakan Media Peraga Distributor Board Panel. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 10.1:36-42

Rifai, Achmad R.C. & Catharina Tri Anni. 2011, Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press

Sugandi, Achmad & Haryanto. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES PRESS

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Published
2014-07-01