IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEKANISME KATUP

  • Tatang Solehan Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Agus Suharmanto Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Abdurrahman Abdurrahman Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: STAD Cooperative Learning Model, Valve Mechanism Subject

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi mekanisme katup dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan tipe pretest-posttest control group design. Populasi  dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keterampilan Otomotif MAN Kendal sejumlah 98 siswa. Sedangkan sampel diambil secara random sejumlah 61 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode observasi aktivitas siswa dan metode tes pilihan ganda 25 soal yang dianalisis menggunakan uji gain. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji gain, peningkatan aktivitas belajar kelas eksperimen (0,27) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,10) dan Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen (0,57) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,33). Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi mekanisme katup.

This study aims is to determine the increase of student learning activities and learning outcomes in the valve mechanism subject with the implementation of stad cooperative learning model. The study design used is true experimental design with pre test and post test control group design. The population in this study was a class xi student kendal man automotive skills program by the number of 98 students. While the sample taken at random by the  number of 61 students. Data were obtained by the method of observation of student activity and multiple choice test methods were analyzed using the gain test. Based on the data analysis performed using  the gain test , increased learning activity of the experimental class (0.27) was higher than the control class (0.10) and increased learning outcomes of  the experimental class (0.57) was higher than the control class (0.33). It can be concluded that the implementation of stad cooperative learning model can enhance learning activities and learning outcomes of students in the valve mechanism subject.

References

Harmoko. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Ditinjau dari Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Menggunakan Alat Ukur Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah Prambanan. http://eprints.uny.ac.id/996 0/1/JURNAL%20ILMIAH.pdf. Diunduh tanggal 20 Mei 2014 pukul 21.30 WIB.

Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Jannah, Miftachul. 2014. Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Pendekatan Sets-Edutainment Tema Baterai Alami Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Di SMPN 1 Gondang. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa. Volume 02 Nomor 01: 51-59

Sudjana, 1989. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Rusman. 2011. Model- Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wulandari, E & Sukirno. 2012. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu Media Monopoli Dalam Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Volume X. No. 1:135 - 161

Published
2014-07-01