HASIL KARYA CIPTA LAGU ANAK-ANAK DI KALANGAN GURU TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-AZHAR 14 SEMARANG

  • Retno Widowati Prodi Pendidikan Seni, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Creativity, Music, Song, Kindergarten

Abstract

Lagu anak-anak yang populer dan atau tersebar luas di masyarakat saat ini, kebanyakan  tidak sesuai dengan karakter anak-anak, sehingga guru TK dituntut dapat menciptakan lagu. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimanakah kesesuaian hasil karya cipta lagu anak guru guru TK Islam Al-Azhar 14 Semarang dilihat dari bentuk musikologi meliputi melodi, irama, syair, dan akord? (2) Bagaimanakah kreativitas hasil karya cipta lagu guru TK Islam Al-Azhar 14 Semarang dilihat dari sifat dan faktor intrinsik ekstrinsik  kreativitas ? Metode dan pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil pembahasan dalam penelitian ini adalah karya lagu ciptaan guru TK Islam Al-Azhar 14 Semarang dilihat dari segi syair,  melodi,  akord dan irama sudah sesuai dengan tema pembelajaran dan karakteristik anak. Kreativitas guru mencipta lagu juga didukung oleh kelancaran menemukan nada, pengetahuan dan pengalaman tentang lagu anak-anak yang menjadikan guru mampu menganalogi  dalam mencipta lagu. Kelancaran, keluwesan dan keaslian berpikir dipengaruhi oleh faktor instrinsik dan ekstrinsik.

Children's songs are widespread, not fully understood by the kindergarten teacher. A popular children's songs don’t fit with the character of the children, so that kindergarten teachers are required to create a song. The formulation is (1) how the suitability of the work of children's songwriting teacher kindergarten teacher Islam Al-Azhar 14 Semarang seen from the musicology include melody, rhythm, lyrics, and chords? (2) How does creativity work of kindergarten teachers songwriting Islamic Al-Azhar 14 Semarang views of factors of creativity? The methods and approach used is qualitative research. Results of the discussion in this study was the work of a song written by a kindergarten teacher Islam Al-Azhar 14 Semarang in terms of lyrics, melodies, chords and rhythms are in accordance with the theme of learning and child characteristics. Fluency, flexibility and originality of thought is influenced by intrinsic and extrinsic factors.Suggestions are (1) the creativity of creating songs should be tried by Mrs. teacher institute kindergarten others, (2) providing training create songs for kindergarten teachers, in order to be able to create songs with properly and immediately be able to write notes to the notation numbers , so that they can make their own song sheet music.

References

Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru (Panduan Guru dalam Meningkatkan Profesionalitas, Kreativitasdan Komitmen Pengembangan Profesi). Jakarta: Bestari

Ahmadi, Abu. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Alisjahbana, Takdir S (Ed.). 1983. Kreativitas. Jakarta. Dian Rakyat

Achmad dan Catharina. 2012.Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 UNNES

Arep dan Tanjung. 2003. Manajemen Motivasi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Baker, Mona. 1994. Other Words.New York: Clays Ltd

Beker, Judith. 1990.“Kalau Bahasa Dapat Diterjemahkan Mengapa Musik Tidak â€artikel Jurnal Musikologi Indonesia. Tahun I No 1

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius

Brandon, James. 2003. Jejak-Jejak Seni Pertunjukkan di ASIA Tenggara. Bandung: P4ST UPI

Budidharma, Pra. 2001. Pengantar Komposisi dan Aransemen. Jakarta: Elex MediaKomputindo.

Budidharma, Pra. 2001. Belajar Sendiri Mencipta Lagu. Jakarta: Elex Media Komputindo

Carol dan Carole. 2007. PSIKOLOGI edisi ke Sembilan Jilid ke dua. Jakarta. Erlangga

Cruttenden, Alan. Intonation. London, New York: Cambridge University Press.

___.ConciseOxford Dictionary of Music.2000.

Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT Rineka Cipta

Grout, Donalt J. 1975. A History of Wester Music. New York:Norton

Hafina, Anne. ___. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini . Artikel, Direktori/FIP/JUR PSIKOLOGI PEND DAN BIMBINGAN, diakses melalui(www.fik.upi.ed) pada tanggal 23 Februari 2015 pukul 23.00 WIB

Hallam, Susan. 2010. The power of music: Its impact on the intellectual, social and personal development of children and young people. International Journal of Music Education 28:269 diakses melalui http://ijm.sagepub.com/content pada tanggal 20 Februari 2015 pukul 15.00 WIB halaman 270.

Hartono, Rudi. 2014. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta. DIVA Press (Anggota IKAPI)

Hartono. 2011. Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Semarang. Unnes Press

Holt, Claire. 2000. Melacak Jejak Perkembangan Seni di Indonesia. Bandung: Arti.line

Section
Articles