PEMBELAJARAN MELALUI BERNYANYI UNTUK MENSTIMULASI SIKAP DAN PERILAKU MUSIKAL ANAK PADA PUSAT UNGGULAN PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG

  • Purwadi Purwadi
Keywords: teaching learning, early age education for children, singing, attitude & behavior

Abstract

Bernyanyi adalah salah satu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran di PAUD. Hal itu juga yang diterapkan di Pusat Unggulan PAUD Taman Belia Candi Semarang. Penelitian ini mengungkap (1) proses pembelajaran melalui bernyanyi, (2) proses pembelajaran bernyanyi dalam menstimulasi sikap dan perilaku musikal anak, (3) proses pembelajaran bernyanyi dalam menstimulasi sikap dan perilaku sosial anak. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif, dengan hasil penelitian (1) proses pembelajaran melalui bernyanyi menggunakan dua konsep, yaitu belajar bernyanyi dan bernyanyi untuk pembelajaran, dengan cara sederhana yaitu menyanyikan lagu yang akan diajarkan, (2) musikalitas anak menjadi terstimulasi, dengan bernyanyi kemampuan dan kepekaan anak mengenal lagu menjadi lebih baik, (3) lirik lagu bisa digunakan untuk menstimulasi sikap dan perilaku sosial anak, dengan mengenalkan lagu bertema sosial, anak mengenal kalimat yang berupa nasihat yang ada pada lirik lagu. Dapat disimpulkan bahwa bernyanyi bisa digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif di PAUD, selain caranya sederhana dan menyenangkan, dengan bernyanyi anak bisa belajar banyak hal.


Singing is one of the approaches  used in teaching learning process in Early Age Education for Children. This approach is also used  at PAUD Taman Belia. This research finds out: 1) Teaching learning process through singing, 2)  the process of teaching learning of singing to stimulate musicality and social attitude & behavior of the students. This research is a qualitative research  with the outcomes as follows (1) the process of teaching learning through singing using two concepts; learning to sing and singing for  learning, using a simple way of singing the song to be taught, (2)  musicality of  the children are being stimulated; by singing the ability and sensitivity of the students to get to know a song increase, (3) Lyrics of the songs can be used to stimulate social attitude & behavior of the students ; by knowing social theme songs students get to know  sentences in form of advices.  It can be concluded that singing can be used as one of the effective teaching learning method in Early Age Education for Children. It is simple and fun, and furthermore by singing students can learn many things.

References

Aqib, Zainal. 2011. Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Bandung: Penerbit Nuansa Aulia.

Azwar, Saifudin. 1995. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Campbell, Don, 1998. Efek Mozart, Memanfaatkan Kekuatan Musik untuk Mempertajam Pikiran, Meningkatkan Kreativitas dan Menyehatkan Tubuh.

Mariana, Rita, Dkk. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Miles, B., Matthew & Huberman, A., Micchael 2007. Analisi Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Olivia, Femi & S, Ariani, Lita. 2012. Menstimulasi Otak Anak dengan Stimulasi Auditori. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.

Prasetyo, Reza, J.J dan Andriani, Yeni. 2009. Multiply Your Multiple Intelegences (Melatih 8 Kecardasan Majemuk Pada anak dan Dewasa) . Yogyakarta: C.V. Andi Offset.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Simanungkalit, N. 2008. Teknik Vocal Paduan Suara. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

http://ecrp.uiuc.edu/v10n1/bolduc.html. Bulduc, Jonathan. 2010. The Effects of Music Instruction on Emergent Literacy Capasities amog preschool Children: A Literature Riview. University of Ottawa. Di Unduh Pada 22 April 2013.

http://ecrp.uiuc.edu/v8n1/galicia.html. Moyeda, Galicia, Xochitl, Iris. 2006. Implementing a Mucical Program to Promote Preschool Children’s Vocabulary Development. Universidad Nacional Autonoma de Maxico. Di Unduh pada 22-Apri 2013.

Section
Articles