KONSTRUKSI SOSIAL TERHADAP PENDIDIKAN MUSIK SMA PONDOK MODERN SELAMAT KENDAL

  • Nurmila Sari Djau
Keywords: social construction, education music

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji konstruksi sosial terhadap pendidikan musik oleh lembaga pendidikan Islam dan peran sekolah dala membangun orientasi musik yang bersifat sekuler pada siswa. Adanya kesenjangan antara konsep pendidikan seni menurut pandangan Islam dengan paham pendidikan musik yang dilaksanakan pada SMA Pondok Modern Selamat selaku lembaga pendidikan berbasis Islam. Melalui bentuk pengajaran musik yang bersifat bebas baik sekuler maupun religi secara tidak langsung dapat membangun orientasi musik yang berbeda di setiap siswa. Pendekatan penelitian ini adalah sosiologi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMA Pondok Modern Selamat yang berada di Kendal. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Konstruksi sosial oleh SMA Pondok Modern Selamat tentang pendidikan musik adalah pendidikan musik dianggap sebagai wadah untuk mengekspresikan diri dan wadah untuk mewariskan budaya bangsa yang tercermin dalam penerapan pembelajaran musik yang bersifat sekuler maupun islami sehingga secara tidak langsung mempengaruhi atau membangun musik pada siswa terhadap suatu jenis musik.

 

The purpose of this study was to examine the social construction of the educational music by Islamic educational institutions and the role of schools dala building orientation secular music to students. The gap between the concept of art education in the view of Islam to understand the music education conducted at SMA Pondok Modern Selamat as the Islamic-based educational institutions. Through teaching form of music that is free both secular and religious can indirectly establish the orientation of different music in each student. This study is sociological approach using qualitative research methods. Location of the study is the high school Pondok Modern Selamat located in Kendal. The results of this study indicate that the social construction by SMA Pondok Modern Selamat on music education music education is considered as a platform to express themselves and containers to pass national culture which is reflected in the teaching and learning of music that is both secular and Islamic thus indirectly affect or build music on students towards a particular type of music.

References

Asmani, J. 2003. Dialetika Pesantren Dan Tuntutan Zaman. Jakarta: Qirtas

Berger, Peter L dan Tomas, L.1990. The sosial Construction Of Reality, terj. Teri Hasan Basri. Jakarta: LP3S

Nata, Abuddin.2012. Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

----------. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Salam, S. 2001. Pendekatan Ekspresi Diri, Disiplin dan Multikultur dalam Pendidikan Seni. Wacana Seni Rupa, 1(3): 87-99.

Soedarso Sp. 2006. Trilogi Seni: Penciptaan, Eksistensi, dan Kegunaan Seni. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta

Sunarto. 1992. Presepsi Islam Terhadap Musik. Jurnal Seni, 2(4): 46-58.

Section
Articles