MODEL PEMBELAJARAN BERVISI SETS MELALUI DISKUSI FISH BOWL MENGGUNAKAN ARTIKEL KIMIA

  • Anisa Sholikhati Jurusan Kimia FMIPA UNNES
  • Titi Wahyukaeni
  • Achmad Binadja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh modelpembelajaran bervisi SETS melalui diskusi fish bowl menggunakan artikel kimiaterhadap hasil belajar asam-basa kelas XI SMA N 1 Jekulo Kudus. Populasipenelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA N 1 Jekulo Kudus tahun pelajaran2010/2011, sedangkan sampel penelitian siswa kelas XI IPA-3 sebagai kelaseksperimen dan kelas XI IPA-4 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian diambildengan teknik purposive sampling.Metode yang digunakan dalam pengambilandata adalah dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Berdasarkan analisis data,pengaruh model pembelajaran bervisi SETS melalui diskusi fish bowlmenggunakan artikel kimia terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan denganangka korelasi 0,46 dan memiliki pengaruh sebesar 21,24%. Pengaruh terhadapaspek afektif dan psikomotorik juga ditunjukkan secara deskriptif melalui hasilrata-rata nilai kelas eksperimen yang lebih baik dari pada kelas kontrol. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bervisi SETS melaluidiskusi fish bowl menggunakan artikel kimia memberikan pengaruh positifterhadap hasil belajar siswa.
Published
May 29, 2012
How to Cite
SHOLIKHATI, Anisa; WAHYUKAENI, Titi; BINADJA, Achmad. MODEL PEMBELAJARAN BERVISI SETS MELALUI DISKUSI FISH BOWL MENGGUNAKAN ARTIKEL KIMIA. Chemistry in Education, [S.l.], v. 1, n. 1, may 2012. ISSN 2252-6609. Available at: <http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/715>. Date accessed: 27 sep. 2016.

Keywords

artikel kimia pembelajaran bervisi sets fish bowl