PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) PARTISIPATIF INTEGRATIF KOLABORATIF (PIKOLA) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU FISIKA SMA

  • Kasir Santoso Widodo Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Joko Widodo Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Masrukan Masrukan Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Diklat PIKOLA, Kompetensi Profesional

Abstract

Kompetensi profesional guru Fisika SMA dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah (KTI) masih sangat rendah, sehingga pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru dalam bidang KTI harus ditingkatkan, dikembangkan dan didampingi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model diklat partisipatif dengan pendekatan kolaboratif-integratif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru Fisika SMA dalam pembuatan KTI sebagai upaya pendampingan Pengawas Sekolah dalam PKB Guru.

Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Hasil penelitian secara kuantitatif diperoleh dari hasil tahap pengembangan dan ujicoba terbatas. Penilaian kevalidan model PIKOLA oleh ahli dan praktisi mendapat skor 39,67 dengan kategori baik. Kefektifan model PIKOLA dibuktikan dengan kualitas penyelenggaraan pelatihan dengan skor 114 kategori sangat baik. Keefektifan model PIKOLA dibuktikan dengan nilai rata-rata tes akhir 28,125 lebih besar dari nilai rata-rata tes awal 12,3. Selain itu, keefektifan model PIKOLA juga dibuktikan peserta untuk membuat KTI dengan nilai rata-rata 50 dengan kategori baik.

How to Cite
Widodo, K., Widodo, J., & Masrukan, M. (1). PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) PARTISIPATIF INTEGRATIF KOLABORATIF (PIKOLA) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU FISIKA SMA. Educational Management, 4(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/9854
Section
Articles