PENGEMBANGAN MODEL PEMANTAUAN PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

  • Makbuludin Makbuludin Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Maman Rachman Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Etty Soesilowati Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: model pemantauan, standar nasional pendidikan, TIK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsi model pemantauan SNP selama ini, (2) menghasilkan model pemantauan SNP yang sesuai dengan kebutuhan pengawas sekolah saat ini dan (3) untuk mengetahui keefektifan model pemantauan SNP berbasis TIK. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D meliputi tahap pendahuluan, pengembangan dan pengujian. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengawas sekolah dan kepala sekolah, Instrumen dan teknik pengumpulan data adalah wawancara, kuesioner dan observasi dokumen. Teknik analisis data dengan model interaktif, analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian 1) tahap pendahuluan berupa model faktual pemantauan SNP, 2) tahap pengembangan berupa model hipotetik yaitu model konseptual yang telah divalidasi oleh ahli dan praktisi, dan 3) model final pada tahap pengujian berupa model pemantauan pelaksanaan SNP berbasis TIK. Hasil uji coba model terhadap pengawas sekolah dan kepala sekolah menunjukkan bahwa model pemantauan pelaksanaan SNP berbasis TIK sangat efektif.  Kesimpulan penelitian ini adalah model pemantauan pelaksanaan SNP berbasis TIK sangat efektif untuk digunakan pengawas sekolah.

How to Cite
Makbuludin, M., Rachman, M., & Soesilowati, E. (1). PENGEMBANGAN MODEL PEMANTAUAN PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Educational Management, 4(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/9855
Section
Articles