IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH BERBASIS LINGKUNGAN DI SD CAHAYA NUR KABUPATEN KUDUS

  • Sri Lestari Binedikta SMK Bagimu Negeriku
  • Totok Sumaryanto Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Kardoyo Kardoyo Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Implementasi, Kurikulum, Pendidikan Lingkungan Hidup

Abstract

Implementasi pendidikan lingkungan hidup di Indonesia diberlakukan dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Sekolah Berbudaya Lingkungan, yang sampai sekarang belum dilaksanakan secara maksimal karena minimnya pengetahuan tentang lingkungan hidup dan keterbatasan sumber daya manusia .  Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendiskripsikan dan menganalisis Pendidikan Lingkungan Hidup, (2) Mendeskripsikan dan menganalisis pendidikan lingkungan hidup yang terintegrasi dengan pelajaran lain, (3) Mengimplementasikan pembiasaan peduli terhadap lingkungan hidup.

Penelitian  menggunakan metode deskriptif  kualitatif dengan rancangan studi kasus. Sumber data dari informan, dokumen dan penelitian di lapangan. Teknik pengumpulan data dengan : wawancara, obsevasi, studi dokumen, Analisis data interaktif, kebsahan data menggunakan trianggulasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kurikulum SD Cahaya Nur  disusun oleh Tim Penyusun yang terdiri dari kepala sekolah, guru, komite Sekolah berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran dan ditambah dengan Kurikulum Berbasis Lingkungan yang diimplementasikan  dalam Pendidikan Lingkungan Hidup, (2) Diintegrasikan dalam pelajaran lain. (3) Pembiasaan peduli lingkungan hidup: (a) Pemanfaatan sampah, (b) pengelolaan lahan, (c) Jumat bersih Sabtu menanam, (d) hemat energi, (e) mengurangi penggunaan plastik. (f) ramah lingkungan, (g) kantin sehat. Saran yang diberikan agar guru menanamkan kepedulian lingkungan sejak dini dan memanfaatkan lingkungan sebagai sarana belajar.

 

How to Cite
Binedikta, S., Sumaryanto, T., & Kardoyo, K. (1). IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH BERBASIS LINGKUNGAN DI SD CAHAYA NUR KABUPATEN KUDUS. Educational Management, 4(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/9858
Section
Articles