PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI, MOTIVASI BERORGANISASI, DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP SOFT SKILLS SISWA SMK

Main Article Content

Silfia Pendri Nuryanti
Nina Oktarina

Abstract

 

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh pengalaman praktik kerja industri, motivasi berorganisassi dan locus of control terhadap soft skills siswa kelas XI di SMK PGRI 01 Semarang secara siimultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK PGRI 01 Semarang yang berjumlah 125 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang berjumlah 125 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil dari regresi ganda penelitian ini yaitu .. Ada pengaruh secara simultan sebesar 33,7%, sedangkan pengaruh secara parsial pengalaman praktik kerja industri sebesar 12,25%, motivasi berorganisasi sebesar 4,04% dan locus of control sebesar 4,7%. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh antara pengalaman praktik kerja industri, motivasi beroganisasi dan locus of control secara simultan maupun parsial. Saran dalam penelitian yaitu untuk siswa sebaiknya memanfaatkan kegiatan yang diberikan oleh sekolah dalam kegiatan praktik kerja industri dan ektrakurikuler dengan semaksimal mungkin dan kepada pihak sekolah untuk dapat pengembangan soft skills pada kegiatan ektrakurikuler diharapkan adanya reward atau penghargaan berupa tambahan mengenai penilaian yang diberikan kepada siswa sehingga siswa lebih termotivasi dalam kegiatan ektrakurikuler.

This research has purpose to find out the presence of effects of industrial practice work, organizational motivation and locus of control toward the soft skills of grade XI students in SMK PGRI 01 Semarang simultaneously or partially.The population of the research is grade XI in SMK PGRI 01 Semarang and Sample in this research, which is the entire population 125 students. The data collected using questionnaire and documentations. The analyzing method used percentage descriptive analysis and double regression analysis.The result of double linier regression analysis in this research are . Thereare effectssimultaneously 33,7% and partially the industrial practice work is 12,25%, organizational motivation is 4,04% and locus of control is 4,7%. This research show effects of practical experiences industrial work, organizational motivation, and locus of control toward grade XI students’ soft skills in SMK PGRI 01 Semarang simultaneously and partially. For students, it is better to take advantages on school activities such as industrial practice work and extracurricular activities maximally. For school, it is better to develop soft skills on extracurricular activities and providing reward like additional scores in order to motivate students more on extracurricular activities

Article Details

How to Cite
Nuryanti, S., & Oktarina, N. (1). PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI, MOTIVASI BERORGANISASI, DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP SOFT SKILLS SISWA SMK. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/10001
Section
Articles

References

Dr. Abur Mustikawanto. 2009. Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). diperoleh 12 januari 2015 dari http://kamajaya65.blogspot.com/2009/11/dr-gatot-hari-priowirjanto-bicara-soal.html.

Elfindri, Jemmy Rumengan, Dkk. 2011. Soft Skills untuk Pendidik. Riau: Baduose Media.

Hamalik, O. 2005. Manajemen Kepelatihan Ketenaga Kerjaan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iyo Mulyono. 2011. Dari Karya Tulis Ilmiah sampai dengan Soft Skills. Bandung: Yrama Widya.
Munir, Saima. & Sajid, Mehsoon. 2010. Examining Locus of Control (LOC) as a Determinant of Organizational Commitment among University Professors in Pakistan. Journal of Business Studies Quarterly. Vol.1, No.3, pp. 78 – 93.

Nancy Stevenson. 2001. Seni Memotivasi. Yogyakarta: Andi.

Rahmanto Aji. 2010. Hubungan antara Locus Of Control Internal dengan Kematangan Karir Siswa Kelas XII SMKN 4 Purworejo. Thesis. UNDIP.

Smet, B. 1998. Psikologi Kesehatan. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto, B. 2000. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.