PENGARUH SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI KELAS X SMK WIDYA PRAJA UNGARAN

Main Article Content

Aprilia Misnawati
Joko Widodo

Abstract

Hasil belajar adalah kemajuan siswa yang diperoleh setelah mengikuti pembelajaran selama kurun waktu tertentu yang relatif menetap. Hasil belajar dapat dilihat dari seberapa besar nilai yang di dapat oleh siswa setelah mengikuti proses belajar. Hasil belajar sebagai tolok ukur seorang guru terhadap siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari peneitian ini adalah : (1)  Mendiskripsikan dan menganalisis besarnya pengaruh sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Widya Praja Ungaran, (2) Mendiskripsikan dan menganalisis besarnya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Widya Praja Ungaran, (3) Mendsikripsikan dan menganalisis besarnya pengaruh sosial ekonomi dan disiplin belajar siswa kelas X SMK Widya Praja Ungaran. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data yang dikumpulkan disnalisis dengan teknik deskriptif presentase dan uji hipotesis. Penggunaan uji hipotesis dengan uji t secara simultan dan parsial. Hasil penelitian diperoleh analisis diskriptif rata – rata sosial ekonomi keluarga dalam kriteria tinggi sebesar 62,83%, disiplin belajar dalam kriteria tinggi sebesar 47,05%. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh sosial ekonomi keluarga dan disiplin belajar secara simultan terhadap hasil belajar sebesar55,2% dan sisanya 44,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Secara parsial sosial ekonomi keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar sebesar 13,76%. Disiplin belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar sebesar 10,04%.


Learning achievement is improvement in students obtained after following study during a period in wich relatively settled. Learning achievement can be seen from how much value in the can by they get after participating in the learning process. The purpose of this study are : (1) description and analysis how much influence social economic family the interest result of study in class X SMK Widya Praja Ungaran, (2) description and analysis how much influence dicipline of learning  the interest result of study in class X SMK Widya Praja Ungaran, (3) description dan analysis how much influence social economic family and dicipline of learning the interest result of study in class X SMK Widya Praja Ungaran. The population in this study is 150 students. Data collection tools used in this research is questioner.  Data collected were analyzed with descriptive technique and test hypothesis percentage. The use of hypothesis testing by t test simultaneously and partially. Desciptive analysis of the obtained by an average of social economic family to learn a high criteria of 62.83%, a good dicipline of learning in the criteria by 47.05%.  Hypothesis test result shoswed that there is influence of social economic family  and dicipline of learning  simultaneously to result of study is 55.2% and tge remaining 44.8% is influenced by other factors not discussed in this study. Partially social economic family significantly effect the interest to result of study is 13.76%. Dicipline of learning significantly effect the interset to result of study is 10.04%.

Article Details

How to Cite
Misnawati, A., & Widodo, J. (2017). PENGARUH SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI KELAS X SMK WIDYA PRAJA UNGARAN. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 96-109. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/13476
Section
Articles