STRATEGI PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM BERKOPERASI DI SMK NEGERI 1 PATI

Main Article Content

Anik Hindayani

Abstract

Abstrak

Dalam organisasi strategi sangat penting digunakan, supaya usaha yang dijalankan bisa berhasil dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Besar kecilnya usaha apabila tidak didukung dengan strategi yang baik, maka hasilnya juga tidak akan memuaskan. Begitu juga dengan koperasi sekolah, yang termasuk usaha kecil, walaupun tidak berbadan hukum, yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya yaitu para siswa SMK Negeri 1 Pati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi siwa dalam kegiatan koperasi; strategi apa yang digunakan oleh SMK N 1 Pati dalam meningkatkan partipasi siswa dan sehingga koperasi sekolah “Taruna Niaga” masih tetap berjalan dengan baik. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan SMK Negeri 1 Pati belum sepenuhnya sejalan dengan tujuan koperasi secara umum yang semestinya juga sebagai tujuan koperasi sekolah SMK Negeri 1 Pati karena yang dilibatkan dalam kegiatan koperasi sekolah hanya siswa akuntansi, tujuan koperasi sekolah secara umum yang dicapai SMK Negeri 1 Pati dengan baik adalah koperasi sekolah sebagai sarana untuk mendapatkan alat-alat kebutuhan sekolah, dan memupuk rasa cinta pada sekolah.

 

The organization used the strategy is very important, so that businesses can run successfully and in accordance with what is expected. The size of the business if not supported by good strategy, then the result would not be satisfactory. So the cooperative school, which includes small businesses, although not a legal entity, which aims for the welfare of its members are students of SMK Negeri 1 Pati. This study aims to analyze the participation of Siwa in cooperative activities; what strategies are used by SMKN 1 Pati in improving partipasi school students and so cooperative ”Midshipman Commerce” is still going well. The data used are the primary data collected through questionnaires. These results indicate that the strategy used SMK Negeri 1 Pati not fully consistent with the goals of cooperatives in general as well as the proper purpose of the cooperative school SMK Negeri 1 Pati for a school to be involved in cooperative accounting students only, the general purpose of the cooperative school which achieved vocational State 1 Pati is a cooperative school as a means to get the tools the school needs, and foster a love of school.

Article Details

How to Cite
Hindayani, A. (1). STRATEGI PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM BERKOPERASI DI SMK NEGERI 1 PATI. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/153
Section
Articles

References

Kartono, Kartini. 1990. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung : Mandar Maju
Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sukamdiyo. 1996. Menejemen Koperasi. Jakarta: Erlangga
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian Indonesia