SIKAP SISWA MENGENAI MATA DIKLAT KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN PADA SMK PGRI 01 SEMARANG

Main Article Content

Ahmad Akhirudin

Abstract

Abstract

Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur keberhasilan belajar siswa di setiap sekolah adalah nilai, yang dapat dilihat dari penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada setiap mata pelajaran. SMK PGRI 1 Semarang dinilai belum mengalami ketuntasan belajar khususnya Mata diklat kerjasama dengan kolega dan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan sikap siswa mengenai cara berkomunikasi di tempat kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Angket atau Kuesioner dan Methode Chek. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa sikap siswa mengenai cara berkomunikasi, pemahaman siswa dalam bahasa tubuh, pemahaman siswa mengenai prinsip-prinsip bekerjasama dalam satu tim, menyediakan bantuan kepada pelanggan di dalam dan di luar perusahaan, sebagian besar dalam kategori sangat paham dengan indikator. Adapun saran yang dapat diajukan yaitu: Pertama, para anggota tim sebaiknya terus mengembangkan keterampilan; Kedua, pihak sekolah dapat membuat sistem pembelajaran yang interaktif melalui praktek langsung dalam pembelajaran; Ketiga, Guru dalam sebaiknya dapat memberikan contoh sikap yang positif dalam menyelesaikan tugas belajar; dan Keempat, anggota tim perlu menegosiasikan kembali mengenai tanggung jawabnya dalam suatu struktur tim.

Learning success is inseparable from the influential factors in it, one of which strategy application of learning and use of teaching aids are not appropriate to have an impact on student learning outcomes obtained. This study aims to determine the effectiveness of the learning method STAD with the help of multimedia interactive learning in Computer Accounting to improve learning outcomes in vocational competence to process accounting data using MYOB Accounting 17. Variables consisted of the use of STAD method with the help of multimedia interactive learning, teaching methods of lectures, and students’ vocational competence to process accounting data with MYOB Accounting 17. The results showed that the use of the learning method STAD accompanied multimedia interactive learning is more effective in improving learning outcomes. Suggestions proposed in the application of the STAD method will lead to less crowded atmosphere so that teachers are required to better manage the classroom. And the use of multimedia to support a complete multimedia device as well as teachers and students have already mastered the basics of the operation of multimedia devices such as computers.

Article Details

How to Cite
Akhirudin, A. (1). SIKAP SISWA MENGENAI MATA DIKLAT KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN PADA SMK PGRI 01 SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/156
Section
Articles

References

Azwar, Saifuddin 2010. Sikap Manusia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Notoatmodjo, Soekidjo. 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta.
Slamet, Achmad. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Unnes.
Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Wawan , Dewi. 2010. Teori dan Pengukurn Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika