ANALISIS TINGKAT KESESUAIAN MATERI DAN SOAL BUKU AJAR AKUNTANSI TERHADAP STANDAR ISI KTSP MATA DIKLAT PRODUKTIF AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS DI BEBERAPA SMK DI KOTA SEMARANG)

Main Article Content

Retno Yulianti

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Kesesuaian materi buku ajar akuntansi kelas XI SMK dengan standar isi KTSP, 2) Kesesuaian butir soal buku ajar akuntansi kelas XI SMK dengan indikator KD, dan 3) Jenjang penyebaran soal buku ajar akuntansi kelas XI SMK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah buku ajar akuntansi kelas XI yang digunakan di 10 SMK Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu tiga buku ajar akuntansi yang paling banyak digunakan di 10 SMK Kota Semarang, yaitu buku ajar akuntansi keuangan 2 terbitan Yudhistira, dalam penelitian ini disebut sebagai buku A, dan buku ajar akuntansi SMK seri B dan D terbitan Armico, dalam penelitian ini disebut sebagai buku B. Hasil penelitian menunjukan  ketiga buku sesuai dengan standar isi KTSP, yaitu rerata perolehan skor masing-masing variabel adalah: 1) Kesesuaian materi dengan standar isi KTSP buku A 87,75%, buku B 83,78%, 2) Kesesuaian butir soal dengan indikator KD buku A 47,21%, buku B 77,78%, 3) Jenjang penyebaran soal buku A didominasi oleh aspek pemahaman sebesar 33,33%,  buku B didominasi oleh aspek aplikasi, sebesar 62,22%.

 

The purpose of this research is to analyze and describe: 1) the suitability of the material accounting textbook class XI SMK with content standards of KTSP, 2) the suitability of the question accounting textbook class XI SMK with indicators of KD, and 3) spread about the question textbook accounting class XI SMK. Methods in tihis research is descriptive quantitative and descriptive qualitative. The population in this research is accounting textbook of class XI SMK used in 10 SMK Kota Semarang. The sampling technique used in this research was purposive sampling, that is three accounting textbook class XI most widely used in the 10 SMK at Semarang, that is the accounting textbook 2 published of Yudhisthira, in this research called is book A, and accounting textbooks SMK series B and D published of Armico called is book B. The results showed three books suitability with standard content of KTSP of each variabel: 1) Material suitability with standard content of KTSP book A is 87.75% book B is 83.78%, 2) Suitability question with indicator KD book A is 47.21% book B is 77.78%, 3) Question already have about book A dominated by aspects of comprehension is 33.33%, book B dominated by aspects of the application, at 62.22%.

Article Details

How to Cite
Yulianti, R. (1). ANALISIS TINGKAT KESESUAIAN MATERI DAN SOAL BUKU AJAR AKUNTANSI TERHADAP STANDAR ISI KTSP MATA DIKLAT PRODUKTIF AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS DI BEBERAPA SMK DI KOTA SEMARANG). Economic Education Analysis Journal, 2(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/2766
Section
Articles

References

Anonim. 2013. Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005. Tersedia di http://lugtyasyonos3ip.staff.fkip.uns.ac.id/files/2011/12/1.-pp-no-19-tahun-2005-tentang-snp.pdf [diakses tanggal 10 Maret 2013]

Anonim. 2013. Peraturan Menteri Pendidikann Nasional No. 22 Tahun 2006. Tersedia di http://iissuryatini.blogspot.com/2013/01/permendiknas-22-23-th-2006.html [diakses tanggal 10 Maret 2013]

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

[BSNP] Badan Standar Nasional Pendidikan . 2006. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Tersedia di http://www.pusbuk.org/id [diakses tanggal 14 Maret 2013]

Ciptaningrum, Dyah Utami 2012. Analisis Tingkat Kesesuaian Materi dan Soal Buku Ajar Terhadap Standar Isi KTSP Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri Kota Magelang. (Skripsi). Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
[DISDIK] Dinas Pendidikan. 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 11 Tahun 2005. Semarang. Tersedia di http://disdik.semarangkota.go.id [diakses tanggal 10 Maret 2013]

Litz, David. 2001. Textbook Evaluation and ELT Management: A South Korean Case Study. Asian EFL Journal. http://asian-efl-journal.com. (10 Januari 2012).

Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Santoso, Singgih. 2001. Statistik Non Parametrik. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Tarigan, Djago dan Henry Guntur Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.