PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X A PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM PERUSAHAAN JASA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KUMON BERBANTUAN MODUL “GENERAL JOURNAL TRAINING MODULE” DI SMK NU WAHID HASYIM TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Article Content

Hanif Himawati

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui metode pembelajaran kumon berbantuan modul “general journal training
module†dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi kompetensi dasar Jurnal Umum Perusahaan Jasa kelas X
AK SMK NU Wahid Hasyim Talang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari 2 siklus. Metode analisis data penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian siklus I
siswa yang tuntas belajar 19 siswa (76%) dan tidak tuntas 6 siswa (24%) dengan rata-rata kelas 78,2, sedangkan
siklus II siswa yang tuntas belajar 22 siswa (88%) dan tidak tuntas belajar 3 siswa (12%) dengan rata-rata kelas
81,08. Adapun aktifitas siswa terhadap pembelajaran siklus I adalah 88% dan siklus II mencapai 100%.
Sedangkan aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I mencapai 73% dan siklus II mencapai 82%. Simpulan dari
penelitian ini adalah metode pembelajaran kumon berbantuan modulâ€general journal training module†dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar Laporan Jurnal Umum Perusahaan Jasa.

 

Research purposes to determine the Kumon method assisted learning modules "general journal training module
" can improve learning outcomes accounting basic competency Journal of Public Com panies Accounting class
X SMK NU Wahid Hasyim Talang academic year 2013/2014 . This research is a class act consisting of two
cycles. The analyze data collection method is a descriptif method. The results of students who completed the
first cycle study 19 students (76 %) and did not complete 6 students (24%) with an average grade of 78.2 , while
the second cycle students who pass the study 22 students (88%) and did not pass the study 3 students (12 %)
with an average grade 81.08 . The activities of students towards learning first cycle was 88 % and the second
cycle reaches 100 % . While the teacher in the learning activities of the first cycle reaches 73 % and the second
cycle to 82 % . Conclusions from this research is a method of learning can improve stude nt learning outcomes in
basic competencies Junal Reports Commercial Services Company.

Article Details

How to Cite
Himawati, H. (2014). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X A PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM PERUSAHAAN JASA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KUMON BERBANTUAN MODUL “GENERAL JOURNAL TRAINING MODULE” DI SMK NU WAHID HASYIM TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 2(3). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3146
Section
Articles

References

Arumsari, Astri. 2013. Kumon.
http://astri.blogspot.com. (9 April.2013).

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar &
Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:
CV Pustaka Setia.

Jenandilkm, Richie. 2012. Metode Pembelajaran
Kumon.
http://Jenandilkm.blogspot.com/2012/05/m
odel-pembelajaran-kumon.html (2 April.2013).

Muttaqin. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi
Siswa Pada Materi Siklus Akuntansi
Perusahaan Jasa Dengan Menggunakan
Modul Praktikum Di SMA Negeri 1 Bangsri
Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi.
Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES.

Nur’aini. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta:
Cipta Media.

Pohan, Saut Jen. 2011. “Penerapan Kolaborasi Model
Pembelajaran Kumon Dan Talking Stick Dapat
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar
Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 1
Babalan P. Brandan Tahun Pelajaran
2011/2012”. http://library.unimed.ac.id. (21
Maret.2013).

Pummawan, Acharee. 2007. The Development Of An
E-Learning Module On The Sandy Shores
Ecosystem For Grade-8 Secondary Students.
http://learning_modul.pdf. (31
Maret.2013).

Rakhmatulloh, Zaki. 2010. Keefektifan Model
Pembelajaran Kumon Terhadap Hasil Belajar
Matematika (Studi Penelitian Pada Siswa
Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1
Ketanggungan Tahun Pelajaran 2009/2010
untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar).
Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Pancasakti Tegal.

Sudjana, Nana dan Ahmad Riva’i. 2009. Teknologi
Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.

Sumartinah, Pargito, dan Pujiati. 2012.
“Pengembangan Modul Akuntansi Berbasis
Kompetensi Untuk Siswa Sekolah Menengah
Atas Dan Madrasah Aliyah Kelas XI”.
http.library.unimed.ac.id. (14
Maret.2013).

Weischadle, David E. 2010. Extended Learning
Opportunities : Some Lessons From The Field.
http://www.kumon_resources_david e
weischadle.pdf (31 Maret.2013).