PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BENTUK PASAR DENGAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR KELAS VIII SMP N 1 BULU KABUPATEN SUKOHARJO

Main Article Content

Setyaningsih Setyaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bentuk pasar dengan metode Course Review Horay (CRH) berbantuan media gambar kelas VIII SMP N 1 Bulu Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP N 1 Bulu. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh dari lembar observasi. Data hasil belajar diperoleh dari soal evaluasi siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa siklus I sebesar 70,83% meningkat menjadi 87,50% pada siklus II. Sedangkan aktivitas guru dalam siklus I sebesar 71,86% meningkat menjadi 90,6% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar kognitif menunjukkan pada siklus I sebesar 72,67 meningkat menjadi 83,20 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 70% meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bentuk pasar dengan metode Course Review Horay (CRH) berbantuan media gambar siswa kelas VIIIA SMP N 1 Bulu Kabupaten Sukoharjo.

 

This research is aimed to increasing activity and student learning results in the subject matter of market forms material by using Course Review Horay (CRH) method and image as media in VIIIA class of SMP N 1 Bulu. The design is Classroom Action Research (CAR) consisting of two cycles, each cycle including planning, action, observation and reflection. The subjects of research were 30 students of the VIIIA class of SMP N 1 Bulu. Student and teacher activity data were obtained from observation sheet. Results learning data were obtained from test evaluation of the first cycle and second cycle. Based on the results research was obtained in the first cycle of student activities at 70,83% increased to 87,50 in the second cycle. While the teacher activities in the first cycle at 71,86% increased to 90,6% the second cycle. Average cognitive learning result shows the first cycle is 72,67 and increased to 83,20 in the second cycle. While the classical completeness in the first cycle is 70% and increased to 83,33% in the second cycle. From these results research can be concluded that it has been increasing activity and student learning results in the VIIIA class of SMP N 1 Bulu on subject matter of market forms material by applying a learning CRH (Course Review Horay) method assisted by images media in VIIIA class of SMP N 1 Bulu.

Article Details

How to Cite
Setyaningsih, S. (2014). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BENTUK PASAR DENGAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR KELAS VIII SMP N 1 BULU KABUPATEN SUKOHARJO. Economic Education Analysis Journal, 2(3). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3172
Section
Articles

References

Anggraeni, Dessy. 2011. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melaui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang (Inproving Social Instructional Quality By Cooperative Model, Course Review Horay Type At Fourth SDN Sekaran 01 Semarang”. Dalam Jurnal Kreatif Jurnal Kependidikan Dasar, Vol 1, No 2. Hal 194-2005.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
-------- 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Djamarah Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ramadlon, Pudji. 2011. “Peningkatan Penguasaan Konsep Keragaman Bentuk Muka Bumi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VII C Semester I SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun 2010/2011”. Dalam Jurnal Pedagogik Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Vol 5, No 2. Hal 51-58. Semarang: UNNES.
Santoso, Jarot Tri Bowo. 2011. Strategi Pembelajaran Ekonomi Akuntansi Dan Aplikasinya. Semarang: CV Ghyas Putra.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari, Isnaini Rizqi dan Puput Wanarti Rusimamto. 2012. “Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Standar Kompetensi Merawat Peralatan Rumah Tangga Listrik Di SMK Negeri 2 Surabaya”. Dalam Jurnal Pendidikan Tekhnik Elektro, Vol 1 No. 2. Hal 83-92 Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wilujeng, Heppy Anggaryani Sri. 2012. “Peningkatan Prestasi Belajar Kompetensi Kependudukan Dengan Menggunakan Kolaborasi Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Dan Permainan Sorak Horay Pada Program Akselerasi I Kelas VIII SMP Negeri 2 Semarang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2010-2011”. Dalam Jurnal Metodika Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 2, No 6. Hal 29-38. Semarang: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.