PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN KARTU SOAL UNTUIK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Main Article Content

Ratna Sinthia Dewi
Rediana Setiyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantua Kartu soal dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi kompetensi dasar penyusunan laporan keuangan oerusahaan jasa di SMA Negeri 1 Karanganom tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dirancang menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian diambil dengan  teknik pair matching, diperoleh kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu metode tes dan observasi. Analisis data hasil belajar ((sebelum perlakuan (statistik deskriptif, normalitas, homogenitas, kesamaan dua rata-rata) dan setelah perlakuan (statistik deskriptif, normalitas, homogenitas, uji  hipotesis)). Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penerapan model pembelajaran TSTS  berbantuan media kartu soal dapat meningkatkan hasil  belajar serta  lebih efektif dalam meningkatkan hasil  belajar akuntansi kompetensi dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa dibandingkan model pembelajaran konvensional. Saran dari penelitian ini adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran TSTS berbantuan media kartu soal sebagai salah satu variasi  model dan  media  pembelajaran  akuntansi yang  dapat meningkatkan hasil  belajar siswa  dalam pembelajaran. Tapi  dalam penerapannya  harus memperhatikan keterbatasannya agar dapat berfungsi secara maksimal.

 

This study  aims to prove  the effectiveness  of  the learning  model Two Stay Two Stray  (TSTS) assisted problem card media on learning outcomes of the preparation of the financial statement services company of accounting competence in Karanganom 1st State Senior High School academic  year 2013/2014. This study  is  quasi experimental research that designed with nonequivalent control group design. Samples were taken with pair matching sampling Technique, obtained in class XI IPS 3 as the experimental class and class XI IPS 1 as the control class. Methods of data collection are test and observation. Analyzed and learning  outcomes data using ((before  (statistic  descriptive, normality, homogeneity, independent sample t-test) and after treatment (statistic descriptive,normality, homogeneity, hypothesis test. The results showed that the application of learning model Two Stay Two Stray  (TSTS) assisted problem card media can  improve learnig outcomes  and more  effective  than  conventional learning model  on learning outcomes  of basic competency preparation of the financial statement services company. Suggestion of this research is expected that teachers apply the model TSTS assisted problem card media as variation of accounting learning model and media in improving the learning outcomes of accounting on the basis  of  competence  general journal. But in the  usage  should consider the restrictiveness in order to be running maximally.

Article Details

How to Cite
Dewi, R., & Setiyani, R. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN KARTU SOAL UNTUIK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Economic Education Analysis Journal, 3(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3933
Section
Articles

References

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiawan, Asto Teguh. 2010. “Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray berpendekatan SETS terhadap hasil belajar Kimia Teori Asam Basa Siswa SMA Negeri Comal-Pemalang”.Skripsi. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.