Mediasi Motivasi Belajar Dalam Hubungan Sosial Media dan Pemberian Reward dengan Aktivitas Belajar

Main Article Content

Ika Asri Mulyo
Amir Mahmud

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosial media dan reward terhadap aktivitas belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan akuntansi SMK N 1 Purwodadi sebanyak 107 siswa yang seluruhnya sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Variabel independen dalam penelitian ini adalah sosial media dan reward, sementara variabel dependen dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sosial media, reward, motivasi belajar dan aktivitas belajar masuk dalam kategori cukup tinggi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa sosial media berpengaruh negatif terhadap motivasi dan aktivitas belajar, sedangkan reward berpengaruh positif terhadap motivasi dan aktivitas belajar. Motivasi belajar tidak mampu memediasi pengaruh sosial media terhadap aktivitas belajar, tetapi motivasi belajar mampu memediasi pengaruh reward terhadap aktivitas belajar saran yang dapat diberikan adalah guru perlu memperhatikan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dan mengapresiasi setiap prestasi dan usaha yang dilakukan siswa dengan memberikan reward dan memastikan bahwa siswa tidak bermain handphone saat pembelajaran kecuali untuk hal-hal yang bertujuan untuk proses pembelajaran. Siswa seharusnya lebih bijak dan menggunakan sosial media untuk hal-hal yang bermanfaat dan tidak bermain handphone saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Article Details

How to Cite
Mulyo, I., & Mahmud, A. (2020). Mediasi Motivasi Belajar Dalam Hubungan Sosial Media dan Pemberian Reward dengan Aktivitas Belajar. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 516-531. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39428
Section
Articles