Pengaruh Bagi Hasil, Brand Image, dan Keragaman Produk Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah dengan Promosi Sebagai Variabel Moderasi

Main Article Content

Isnaeni Pamilih
Ratieh Widhiastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bagi hasil, brand image, dan keragaman produk terhadap minat menabung santri di bank syariah dengan promosi sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Durrotu Ahlisunnah Waljama’ah Banaran Kota Semarang yang berjumlah sebanyak 400 orang. Sampel berjumlah 200 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan pemilihan sampel menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Keragaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Promosi mampu memoderasi akan tetapi memperlemah hubungan antara bagi hasil terhadap minat menabung di bank syariah. Promosi mampu memoderasi akan tetapi memperlemah hubungan antara brand image terhadap minat menabung di bank syariah. Promosi mampu memoderasi akan tetapi memperlemah hubungan antara keragaman produk terhadap minat menabung di bank syariah. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah perlu ditingkatkan minat menabung santri dengan cara mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan tidak mendesak sehingga santri dapat menyisihkan uangnya untuk ditabung di bank syariah

Article Details

How to Cite
Pamilih, I., & Widhiastuti, R. (2020). Pengaruh Bagi Hasil, Brand Image, dan Keragaman Produk Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah dengan Promosi Sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 569-583. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39452
Section
Articles