PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN KONDISI EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI PERHATIAN ORANG TUA SISWA (studi kelas VIII SMP N 32 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014)

Main Article Content

Laurensia Ajeng Martrianingtyas

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan karakter dan kondisi ekonomi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ips terpadu melalui perhatian orang tua. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Semarang yang berjumlah 249 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 72 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu pendidikan karakter (XI), kondisi ekonomi (X2), hasil belajar (Y) sebagai variabel terikat dan perhatian orang tua (y1) sebagai variabel intervening.Metode pengumpulan data: dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase.Uji asumsi klasik:multikolinieritas, heteroskesdastisitas. Sedangkan uji hipotesis:uji parsial, uji signifikan simultan, regresi linier berganda, dan koefisien determinasi.Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y1= 0,821Xâ‚+ 0,821Xâ‚‚ dan Y2 = 0,476Xâ‚+ 0,369Xâ‚‚+ 0,165Yâ‚. Secara deskriptif penelitian menunjukkan bahwa kategori pendidikan karakter, dan kondisi ekonomi adalah sedang. Pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar sebesar 29,6%. kondisi ekonomi terhadap hasil belajar sebesar 27,1%, pengaruhnya positif dan signifikan. Sedangkan pengaruh pendidikan karakter dan kondisi ekonomi secara bersama berpengaruh terhadap hasil belajar melalui perhatian orang tua sebesar 18,5% dan sisanya sebesar 71,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Based on the result of observation, it indicates that students achievement are less optimal. It might happen because of the effect of character education, economy conditions, and parents attention. The purpose of this research is to find out the effect of character education, economy condition towards students achievement through parents attention for eighth grade students of SMP N 32 Semarang. In this research,population at the school is 249 students; meanwhile, 72 students are taken as samples by using simple random sampling technique. Variablesof this research are character education (X1) and economic conditions (X2) as independent variable, parents attention (Y1) as intervening variable,and achievement (Y2) as dependent variable. Methods of collecting data are documentation, questionnaire. Technic of data analysis are descriptive analysis percentage and path analysis. The result obtained is regression equality of Y1=0.821+0.821Xâ‚ and Xâ‚‚â‚XY2=0.476+0.369+0.165Xâ‚‚Yâ‚. The result of path analysis indicates that there is direct effect (PK-PO), (TO-PO), (PK-TO-PO), (PK-HB), (TO-HB), (PK-TO-HB), (PO-HB). (PK-PO-HB), and indirect effect (TO-PO-HB), (PK-TO-HB-PO).


Article Details

How to Cite
Martrianingtyas, L. (1). PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN KONDISI EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI PERHATIAN ORANG TUA SISWA (studi kelas VIII SMP N 32 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014). Economic Education Analysis Journal, 3(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3956
Section
Articles

References

Anni, Catharina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: CV IKIP Semarang Press

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2010.BelajardanFaktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Soerjono, Soekanto, 2003. SosiologiSuatuPengantar. Jakarta:Rajawali Pers

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya

Niles, Sushila. 2009. “Social Class and Academic Achievement a Third World Reinterpretation”

Sutrisnawati. Ni Nyoman.2010.” Kontribusi Perhatian Orang tua, Kebiasaan, dan Kemampuan Guru Dalam Mengelola Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XII SMA Negeri Blahbatuh”