PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT KEPUTUSAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA SMK PGRI BATANG (Studi pada Kelas X Pemasaran 1 TahunAjaran 2013/ 2014)

Main Article Content

Lilis Septiarini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model problem based learning dan apakah model problem based learning dapat meningkatkan keterampilan membuat keputusan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XPemasaran 1 SMK PGRI BATANG. Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya keterampilan membuat keputusan siswa, selain itu karena metode pembelajaran yang digunakan tidak tepat yaitu menggunakan ceramah tanpa variasi sedangkan karakter materinya adalah analistik dan aplikatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus.

Hasil penelitian ini diperoleh presentase aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi dengan kategori sangat baik, persentase aktivitas guru pada pembelajaran siklus I kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik, rata-rata kelas yang dicapai dalam kategori baik dan pada siklus II rata-rata kelas menjadi kategori sangat baik.

This research aims to how the use model problem based learning and whether model problem based learning can improving students skills in decision making. The subject of this research is the class X Marketing 1 SMK PGRI Batang. The background of this research is the lack of students skills in decision making, more over because the learning method that isused is not appropriateto usethe oral speech without variation while the characteris annalistic and aplicatif. This study is anaction research conductedin two cycles.

The research finding showed that the percentage of activity of students in learning cycle I with good category and on cycle II increased with very good category, the percentage of the activity of the teacher in the learning cycle I that good category and on cycle II increased with very good category, the average grade achieved in cycle I with good category and on cycle II the average grade increased with very good category.

 

Article Details

How to Cite
Septiarini, L. (1). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT KEPUTUSAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA SMK PGRI BATANG (Studi pada Kelas X Pemasaran 1 TahunAjaran 2013/ 2014). Economic Education Analysis Journal, 3(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3957
Section
Articles

References

Amala, Faristin. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Kompetensi Dasar Menerima dan Menyampaikan Informasi Bagi Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Skripsi. Semarang.Unnes

Arikunto, Suharsimi. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Darmawan. 2010. Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS di MI Darrusaadah Pandeglang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11 (2) :22

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Kustiono. 2010. Media Pembelajaran. Semarang: Universitas Semarang Press

Salusu, J. 2003. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Jakarta: Grasindo

Savery, J.R. 2006. Overview of Problem Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdiciplinary Journal of Problem Based Learning, 1 (1) :4