PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MOTIVASI BELAJAR SMP NEGERI 1 AMBARAWA (Studi Kelas VII Tahun Ajaran 2013/2014)

Main Article Content

Ika Maratus Sholekhah

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS Terpadu melalui motivasi belajar kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa yang berjumlah 269 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 81 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu fasilitas belajar (X1), lingkungan keluarga (X2), motivasi belajar (Y1) sebagai variabel interfening dan Hasil Belajar (Y2) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data: observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis yaitu analisi deskriptif persentase. Uji asumsi klasik: normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis: uji parsial, uji signifikansi simultan, regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Yâ‚= 0,638 Xâ‚+ 0,58 Xâ‚‚+0,723+eâ‚ dan Yâ‚‚= 0,639 Xâ‚+0,572 Xâ‚‚+0,725+eâ‚‚. Secara deskriptif penelitian menunjukkan bahwa kategori fasilitas belajar, dan lingkungan keluarga adalah sedang. Pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar sebesar 63,8%, lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar sebesar 58%, pengaruhnya positif dan signifikan. Sedangkan pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan keluarga secara bersama berpengaruh terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebesar 41,9% dan sisanya sebesar 58,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

The purpose of this study was to determine the effect of learning facilities and family environment on Integrated Social Science learning Outcomes through sudents’ motivation SMP Negeri 1 Ambarawa. The population of this study of 269 students and sample of 81 students.  The population of this study was the entire seventh grade students of SMP Negeri 1 Ambarawa, amounting to 269 students. This study used a sample of 81 samples. Sampling technique using simple random sampling. The variable in this study is the independent variable of learning facilities (X1) family environment (X2), motivation to learn as an intervening variable (Y1) and learning outcomes (Y2) as the dependent variable. This study used a quantitative research with data collection methods : observation, documentation and questionnaires. Methods of analysis, descriptive analysis of the percentage. Research results obtained by the regression equation Yâ‚= 0,638 Xâ‚+ 0,58 Xâ‚‚+0,723+eâ‚ dan Yâ‚‚= 0,639 Xâ‚+0,572 Xâ‚‚+0,725+eâ‚‚. In descriptive research shows that learning facilitieses effect on learning motivation was 63,8%, family environment’s effect on learning motivation was 58%, both are positive and significant. While the combination between learning facilities and family environment’s effect  on learning outcomes through the learning motivation was 41,9% and the remaining 58,1% was affected by other unknown factor.


Article Details

How to Cite
Sholekhah, I. (1). PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MOTIVASI BELAJAR SMP NEGERI 1 AMBARAWA (Studi Kelas VII Tahun Ajaran 2013/2014). Economic Education Analysis Journal, 3(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3987
Section
Articles

References

Ihsan, H.Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Khafid, Muhammad dan M. Suroso. 2007. “Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi”. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 2 No. 2, hal. 185-204. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

RC, Ahmad Rifa’i dan Chatarina Tri Anni. 2011. ”Psikologi Pendidikan”. Semarang: UPT UNNES Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

----------- 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Tirtiana, Chandra Putri. 2013. “Pengaruh Kreativitas belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening)”. Economic Education Analysis Journal. Volume 2. Nomor 2.