PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII PEMASARAN SMK NEGERI 2 SEMARANG

Main Article Content

Sodikin Sodikin

Abstract

Motivasi siswa untuk menjadi seorang wirausaha dipengaruhi oleh praktik kerja industri dan lingkungan keluarga. Permasalahan penelitian ini adalah: sebesar besar pengaruh praktik kerja industri dan lingkungan keluarga terhadap motivasi berwirausaha siswa baik secara parsial maupun simultan.

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 99 siswa yang terdiri dari kelas XII Pemasaran SMK Negeri 2 Semarang, karena merupakan penelitian populasi sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian. Variabel yang diteliti yaitu variabel praktik kerja industri, lingkungan keluarga dan motivasi berwirausaha. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskripsi persentase dan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian uji regresi menunjukkan hasil uji parsial untuk praktik kerja industri diperoleh thitung sebesar 4,847 dengan signifikansi 0,000 dan lingkungan keluarga diperoleh thitung sebesar 3,182 dengan signifikansi 0,002 berarti H0 ditolak dan Ha1, Ha2, Ha3 diterima. Besarnya pengaruh secara parsial untuk variabel praktik kerja industri sebesar 19,62% dan lingkungan keluarga sebesar 9,55%, secara simultan sebesar 44%.

Student motivation to become an entrepreneur is influenced by industry work practices and family environment. The problems of this research are: the influence of industry work practices and family environment against entrepreneurial motivation either partially or simultaneously.

The population in this study is composed of 99 students of class XII SMK N 2 Semarang Marketing, as a research population so that all the population made research sample. The variables studied were industry work practices, family environment and entrepreneurial motivation. Methods of data collection using questionnaire and documentation. Data analysis using descriptive analysis and multiple regression analysis percentage.

Results of regression studies showed partial test results obtained for industrial work practices thitung of 4.847 to 0.000 and the significance of family environment obtained thitung of 3.182 with a significance of 0.002 means that H0 is rejected and Ha 1, Ha 2, Ha 3 is accepted. The magnitude of the effect of partially to variable industry work practices for 19.62% and 9.55% of the family environment, simultaneously by 44%.


Article Details

How to Cite
Sodikin, S. (1). PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII PEMASARAN SMK NEGERI 2 SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 3(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3996
Section
Articles

References

Alma, Buchori. 2010. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Fu’adi, Fadli Isky dkk. 2009. Hubungan Minat Berwirausaha dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XII Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008/2009. Dalam Jurnal PTM Vol.9 No.2 Desember 2009.

Fx. Muhadi. 2005. Jiwa Kewirausahaan Siswa SMK Suatu Survei pada 3 SMK Negeri dan 7 SMK Swasta di DIY. Widya Dharma Vol.16 No.1 Oktober 2005. Faculty of Management and Human Resource Development University Technology Malaysia.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariates dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penelitian Universitas Dipenogoro

Majelis Pendidikan Kejuruan Nasional. 1996. Konsep Pendidikan Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Putra, Aditya Indra. 2009. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Texmaco Pemalang. Dalam jurnal PTM vol.9 No.1. Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryana. 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba empat.

Zaidatol Akmalia Lope Pilie and Afsaneh Bagheri. Malay Students’ Entrepreneurial Attitude and Entrepreneurial Efficacy in Vocational and Technical Secondary Schools of Malaysia. Pertanika J.soc.sci & Hum 19 (2): 433-447 (2011) Faculty of Educational Studies, University Putra Malaysia, 43400 UPM Serdang, Selangor, Malaysia.