PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMK TEXMACO PEMALANG (Studi pada Kelas XI SMK Texmaco Pemalang)

Main Article Content

Zaqiya Febriany

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran mata diklat kewirausahaan dan kondisi sosial ekonomi terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas XI SMK Texmaco Pemalang. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMK Texmaco Pemalang yang berjumlah 367 sedangkan sampel yang digunakan 80 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu pelaksanaan pembelajaran mata diklat kewirausahaan (XI), kondisi sosial ekonomi (X2), dan motivasi berwirausaha (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data: dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif presentase. Uji asumsi klasik: multikolinieritas, heteroskesdastisitas. Sedangkan uji hipotesis: uji parsial, uji signifikan simultan, regresi linier berganda, dan koefisien determinasi. Secara deskriptif variabel independen termasuk kategori cukup sedangkan variabel dependen berkategori tinggi. Pengaruh pelaksanaan pembelajaran mata diklat kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha kategori cukup, pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap motivasi berwirausaha kategori tinggi. Sedangkan pengaruh pelaksanaan pembelajaran mata diklat kewirausahaan dan kondisi sosial ekonomi secara bersama berpengaruh terhadap motivasi berwirausaha berkategori rendah.

purpose of this study was to determine the effect of the implementation of the entrepreneurship training and socio-economic conditions of the entrepreneurial motivation XI student of SMK Texmaco Pemalang. The study population was all students of SMK XI Texmaco Pemalang of 367 samples used was 80 students. Sampling using proportional random sampling technique. The variables in this study are the independent variables, namely the implementation of learning entrepreneurship training (XI), socio-economic conditions (X2), and the motivation for entrepreneurship (Y) as the dependent variable. Methods of data collection: documentation and questionnaires. Methods of analysis, descriptive analysis of the percentage. Classical assumptions: multicollinearity, heteroscedasticity. While testing the hypothesis: arsial test p, test significant simultaneous, multiple linear regress, and the determination coefficient.  Independent variables are enough and the dependent variable while quite high category. Effect of the implementation of learning entrepreneurship training to entrepreneurial motivation is sufficient, the influence of socio-economic conditions of entrepreneurial motivation is high. While the effect of the implementation of learning entrepreneurship training and socio-economic conditions of the entrepreneurial motivation is low.


Article Details

How to Cite
Febriany, Z. (1). PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMK TEXMACO PEMALANG (Studi pada Kelas XI SMK Texmaco Pemalang). Economic Education Analysis Journal, 3(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4016
Section
Articles

References

Alma, Buchari. (2013). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Barnawi dan M. Arifin. (2012). School Preneurship. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Basrowi dan Siti Juariyah. 2010. “Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa
Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur”. Dalam Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 7 No 1. Hal 60 Lampung Timur: UNILA

Dewi, Lismanteri. 2012. “Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA Lab Singaraja”. Skripsi. Singaraja: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univ Pendidikan Ganesha

RC. Ahmad Rifa’i dan Catharina TA. (2010). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Suryana. (2003). Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Bandung: Salemba Empat.