PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR (Kompetensi Mengidentifikasi Jenis-Jenis Surat/Dokumen Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Widya Praja U

Main Article Content

Siti Umiroh

Abstract

Kesulitan yang dialami siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya faktor eksternal seperti kurang tepatnya model yang diterapkan oleh guru, kesenjangan di kelas, kurangnya aktivitas siswa dan sebagainya. Hal tersebut menyebabkan perlu adanya penggunaan variasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, salah satu alternatifnya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.  Hasil penelitian dengan menggunakan model STAD diperoleh hasil siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71,22 dengan ketuntasan klasikal 60,98%, aktivitas siswa secara klasikal sebesar 60% dalam kategori cukup. Hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73,54 dengan ketuntasan klasikal 68,29%, aktivitas siswa secara klasikal sebesar 71,10% dalam kategori tinggi. Hasil penelitian siklus III menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,27 dengan ketuntasan klasikal 80,49%, aktivitas siswa secara klasikal sebesar 83,29% dalam kategori tinggi. Saran yang diberikan yaitu supaya siswa kelas XI AP 1 lebih aktif bertanya dalam pembelajaran di kelas serta mempunyai minat mengikuti pembelajaran khususnya pada kompetensi dasar mengidentifikasi jenis-jenis surat/dokumen.

The one of factors when made students difficulties was external factor such as the inappropise model by the teacher the gapinclass, lack ofstudents activityandso on. This causes the need for the use of varied learning model which can increase the activity of students in the learning process, one of the alternatives to implement cooperative learning model STAD. The results of the study with the results obtained using the STAD model first cycle shows the average was 71.22 student learning outcomes, with classical completeness was 60.98%, in the classical student’s activitines by60% in categoryof enough. The results in cycle II study showed that the average was 73.54 student’s learning outcomes, withclassical completeness was 68.29%, in the classical student’s activitines by71.10% in the high category. The result in cycle III study result showed that the average was 79.27 student learning outcomes, withclassical completeness was 80.49%, in the classical student’s activitines by83.29% in the high category. Advice given have an interes in participating in learning especially at the basic competencies to identify the types of letters/documents.

 

Article Details

How to Cite
Umiroh, S. (1). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR (Kompetensi Mengidentifikasi Jenis-Jenis Surat/Dokumen Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Widya Praja U. Economic Education Analysis Journal, 3(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4166
Section
Articles

References

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Per

Slavin. R. E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.