MANAJEMEN BANK MINI AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NU LASEM KABUPATEN REMBANG

Main Article Content

Siti Mutmainah

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK NU Lasem Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data ini dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi manajemen Bank Mini Akuntansi telah terlaksana sebagaimana mestinya. Siswa program keahlian akuntansi merasakan betul manfaat media pembelajaran Bank Mini Akuntansi tersebut, karena selain mempermudah dalam pelajaran juga memberikan keterampilan pada siswa untuk berlatih didunia perbankan secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen Bank Mini Akuntansi telah dilaksanakan dengan baik. Manfaat Bank Mini Akuntansi bagi siswa program keahlian akuntansi sangat membantu dalam mempraktekan teori yang didapat didalam kelas sehingga siswasetelah lulus bisa lebih siap dalam menghadapi dunia kerja.

This research was conducted at SMK NU Lasem Rembang. This study used a qualitative approach with descriptive methods. Collected data gathering technique derived from observation, interviews, documentation. The validity of this data is done by triangulation techniques. The results showed that the Mini Bank Accounting management functions have been implemented properly. Students feel the true accounting skills program benefits Mini Accounting Bank of instructional media, because in addition to facilitate the lesson also gives students to practice skills in the banking world directly. Based on the results of this study concluded that the Bank's management Accounting Mini has been implemented. Benefits of Mini Bank Accounting program for students accounting skills are very helpful in practice the theory learned in the classroom so that siswasetelah can pass better prepared for the world of work.


Article Details

How to Cite
Mutmainah, S. (1). MANAJEMEN BANK MINI AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NU LASEM KABUPATEN REMBANG. Economic Education Analysis Journal, 3(3). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4420
Section
Articles

References

Handoko, T. Hani.2000. Manajemen. Yogyakarta:BPFE

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto.2013. Media Pembelajaran. Bogor:Ghalia Indonesia

Terry, George R dan Leslie W. Rue.2001. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:ALFABETA