UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (Materi Permintaan, Penawaraan Dan Terbentuknya Harga Pasar)

Main Article Content

Rut Ervianna Kurnia Sari
Syamsu Hadi
Bambang Prishardoyo

Abstract

Guru merupakan unsur yang sangat penting di dalam proses pembelajaran.Namun, dalam proses pembelajaran di sekolah masih ditemukan beberapa kendala, salah satunya adalah penyampaian materi hanya berlangsung satu arah. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang bisa menolong siswa untuk terlibat aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah model pembelajaran Team Games Tournament. Tujuannya untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament pada materi pokok Permintaan, Penawaran, dan Terbentuknya harga Pasar lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Semarang. Penelitian ini adalah Penelitian eksperimen dengan pola randomized control group pretest-posttest. Dari hasil penelitian diketahui penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional khususnya materi pokok Permintaan, Penawaran, dan Terbentuknya harga Pasar. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai post test untuk kelas eksperimen sebesar 76,77 dan kelas kontrol sebesar 73,00. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen nilainya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 83,87 % peningkatannya.

 

Teacher is a very important element in the learning process. However, during the process of learning implemented in school there are some problems are found, such as a delivery of material takes place only in one direction. Therefore, It is required a learning model that can help students to engage actively and to improve student achievement, such as a model of learning Team Games Tournament. This research is aimed to find out cooperative learning model Team Games Tournament in the subject matter of Demand, Supply, and the Formation of market prices is more effective in improving student achievement in classes VIII students of SMP Negeri 26 Semarang. This study is a research experiment with patterns of randomized control group pretest-posttest. From the survey results that the use of learning models Team Games Tournament is more effective than conventional learning models in economics teaching particularly in subject matter of Demand, Supply, and the formation of market prices. This can be evidenced from the post test for the experimental class at 76,77 and 73,00 for the control class. There is an average difference of 3,77 between the two classes of experiments in which the class is higher than the control class of 83,87 %.

Article Details

How to Cite
Sari, R., Hadi, S., & Prishardoyo, B. (1). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (Materi Permintaan, Penawaraan Dan Terbentuknya Harga Pasar). Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/538
Section
Articles

References

Hamalik, Oemar.2009. Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta : Bumi aksara

Handayani, Fitri.2010.”Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Pasuruan pada Materi Keragaman Bentuk Muka Bumi”. Volume 20 No.2 dalam jurnal penelitian pendidikan. Hal 167-176

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenada Media

Slavin. 2008 . Cooperative learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media

----------. 2010 . Cooperative learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media

Sugandi, Achmad. 2004 .Teori Pembelajaran. Semarang : UPT MKK UNNES

Trianto.2007. Model- Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka