IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT PADA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN POKOK BAHASAN PROPOSAL USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL

Main Article Content

Lutfiyatun Lutfiyatun
Joko Widodo
S. Martono S. Martono

Abstract

Alat dan metode pembelajaran merupakan komponen pembelajaran yang penting. Penerapan metode dan alat pembelajaran yang kurang tepat dapat berdampak terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 1 Dukuhturi tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol menggunakan metode metode ceramah  dan kelas eksperimen menggunakan metode think pair share berbantuan media power point sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian terdiri dari metode pembelajaran, keaktifan dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil test, lembar observasi, dan penyebaran angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Persentase keaktifan pada keaktifan siswa kelas kontrol yaitu 46%, 50%, 54%, 58%, kelas eksperimen yaitu 74%, 78%, 84%, dan 86%. Sedangkan. hasil belajar pada kelas kontrol yaitu rata-rata nilai pre test 67,30 dan rata-rata nilai post test 71,90. hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu rata-rata nilai pre test 68,10 dan rata-rata nilai post test 80,31. Tanggapan siswa pada kelas eksperimen dalam kategori sangat tinggi yaitu 85,19%, sedangakan pada kelas kontrol dalam kategori tinggi yaitu 63,75%.

Tools and methods learning is an important component of learning. The less proper tools and methods application can influence to the students being active and the results of the students learning. The population of this research are studens of class XI SMK N 1 Dukuhturi 2011/2012. This research is an experiment research which use two classes that is control class and experiment class. Control class uses lecture methods and experiment class uses think pair share (TPS) menthods which is helped by power point media as a research sample. The variables of this research consists of learning methods, students being active and the results of students learning. The techniques of collecting datas are derived from test results, observations, and angkets. The analysis of the data, that’s used in this research is descriptive percentage. The research results show that there is a diference to being active and the results between control class are 46%, 50%, 54%, 58%. The percentage of being active of experiment class are 74%, 78%, 84%, and 86%. Whereas the learning results of the control class has value average of the pre test is 67,30 and the value average of the post test is 71,90. The learning results of the experiment class has value average of the pre test is 68,10, and the post test is 80,31. The responses of the students an experiment class have 85,19% higt category, while control class have 63,75% lower category.

Article Details

How to Cite
Lutfiyatun, L., Widodo, J., & S. Martono, S. M. (1). IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT PADA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN POKOK BAHASAN PROPOSAL USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL. Economic Education Analysis Journal, 1(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/543
Section
Articles

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: RinekaCipta

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung : Satu Nusa

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo

Mardhani, Yogie S. 2011. Efektifitas Antara Penerapan Metode Pemelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Permainan Monopoli Dengan Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES

Oktarina, Nina. 2008. Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Dasar Pengantar Ilmu Ekonomi Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Semarang: UNNES

Samikhah, Dewi. 2011. Perbedaan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan Metode Konvensional Ceramah Berariasi Kelas X Di SMKN 1 Batang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Widodo. Joko. 2008. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negari Semarang