FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PLANTUNGAN KABUPATEN KENDAL

Main Article Content

Lina Maftukhah
Harnanik Harnanik
St. Sunarto St. Sunarto

Abstract

Kesulitan belajar dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, baik faktor intern maupun faktor ekstern. Berdasarkan hasil observasi dari data nilai UAS IPS Terpadu sebagian besar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Plantungan mendapat nilai rendah dan menyebabkan tidak lulus KKM. Hal ini dapat dijadikan indikasi bahwa siswa mengalami kesulitan belajar IPS Terpadu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII dan faktor apakah yang lebih dominan mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Plantungan Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran IPS Terpadu dan faktor apakah yang lebih dominan mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran IPS Terpadu.

Penelitian ini dilakukan di SMP N egeri 1 Plantungan Kabupaten Kendal. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 131 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara proposional claster random sampling dan didapat sampel sebanyak 100 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 1 Plantungan Kabupaten Kendal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan deskriptif persentase.

Berdasarkan analisis faktor terdapat 5 komponen yang akan membentuk 5 faktor baru. Adapun tingkat kesulitan belajar siswa dari 5 faktor baru berdasarkan uji Deskripsi Persentase sebagai berikut : (a) kemampuan siswa 61,55%, (b) kemampuan guru 66,75%, (c) sarana penunjang 77,00%, (d) dukungan sekolah 72,67%, (e) dukungan keluarga 62,00%. Dari kelima faktor yang ada, faktor kemampuan siswa merupakan pengaruh yang paling dominan dengan koefisien varian sebesar 61,55% dengan kategori menghambat.

Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru sebaiknya memberi latihan-latihan dan tugas-tugas untuk mengasah kemampuan siswa. Untuk siswa sebaiknya membentuk kelompok belajar, serta untuk orang tua selalu memberikan dukungan yang penuh terhadap putra-putrinya dalam belajar sehingga siswa dapat belajar dengan maksimal.

Learning difficulties are influenced by such kind of factors whether it is the intern or extern factors. Based on the observation result from the data of Integrated Social Science final examination, most of the seven grade students in SMP Negeri 1 Plantungan got the low marks and they could not pass the KKM. It can indicate that students have the learning difficulties in Integrated Social Science subject.The problemsthat were examinedin this studyare whatare the factorsthat influencelearning difficultiesof IntegratedSocial Scienceand whatis more dominant factor affectingthe Integrated Social Science learning difficulties for Seventh Grade Studentsof SMP Negeri 1 Plantungan, Kendal School Year 2011/2012. This studyaims to determinethe factors that influence learning difficulties of Integrated Social Science and the more dominant factor of it.

The research was conductedat SMP Negeri 1 Plantungan, Kendal. The population was 131 seven grade students. Sampling wasdone by using claster proportiona lrandom sampling and obtained 100 samplesof students.The variablesin this studyare the factorst hat influence learning difficulties of Integrated Social Science in seven grade of SMP Negeri 1 Plantungan, Kendal. Data collection methodswere questionnaires and documentation methods. Then, the data was analyzed by the factor analysis and percentage descriptive.

Based onfactor analysis, there are 5 components thatwill form 5 new factors. The students learning difficulties level from 5 new factors based on the test of percentage descriptionas follows: (a) 61.55% the students ability, (b) 66.75% teachers' ability, (c) 77.00% supporting media, (d) 72.67% school support, (e) 62.00% family support. From the fivefactors, the studentsability factor is mostlydominant with the 61.55% coefficient variance of obstructing category.

Based on the results of the study, teachers are expectedto give exercises and assignments to hone students' skills. For students, they should create study groups, as well asthe parents always give full supportto their childrenin learning, so that students can learnto the maximally.

Article Details

How to Cite
Maftukhah, L., Harnanik, H., & St. Sunarto, S. S. (1). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PLANTUNGAN KABUPATEN KENDAL. Economic Education Analysis Journal, 1(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/549
Section
Articles

References

Depdiknas RI, 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu, Jakarta : Depdiknas

Dimyati; Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Ghozali, Imam. 2009..Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang. Universitas Diponegoro

Sudjana. 1996. Metode Statistik. Bandung. Tarsito

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Genesindo

Umar Husein. 1998. Riset Akuntansi. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama

Wahyudin, Dinn. 2008. Pengantar pendidikan. Jakarta. Universitas Terbuka Semarang