PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE E-LEARNING BERBASIS DOKUMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MENGINDEKS DOKUMEN

Main Article Content

Alin Budiani Risky
Marimin- Marimin
Partono Partono

Abstract

Salah satu metode yang sesuai dengan materi mengindeks dokumen yaitu metode konvensional dengan menggunakan media pembelajaran website e-learningberbasis dokumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) siklus, faktor yang diteliti dalam penelitian ini : faktor guru (cara guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan media pembelajaran menggunakan website e-learningberbasis dokumen), faktor siswa (aktifitas dan hasil belajar siswa), berdasarkan hasil perhitungan siklus I kemampuan kognitif siswa dari 30 siswa kelas X AP 2 terdapat 16 siswa yang tuntas dan 14 siswa yang masih belum tuntas, dengan nilai rata-rata sebesar 69,46, sedangkan pada skor awal sebelum diadakan tindakan siklus I terdapat 19 siswa yang tuntas dan 13 siswa belum tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 69.93. Pada siklus II ada peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata mencapai 80,3dan dari segi kognitif ada 1 siswa yang belum tuntas.

 

 

One method that suits the material index documents by using the conventional method of learning media e-learning website based documents. This study is a kind of classroom action research (PTK) cycle, factors examined in this study: teacher factors (how teachers implement teaching and learning activities with learning media using e-learning website based documents), student factors (activity and student learning outcomes), I cycle calculation based on the results of the cognitive abilities of students of class X AP 2 there are 16 students who completed and 14 students who are not yet complete, with an average value of 69.46, while the scores of the measures before the beginning of the cycle I have 19 students 13 students who completed and not yet finished with an average value of 69.93. In the second cycle there is an increase in the value of learning outcomes with an average of 80.3in terms of cognitive and no one student is not yet complete.

Article Details

How to Cite
Risky, A., Marimin, M.-, & Partono, P. (1). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE E-LEARNING BERBASIS DOKUMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MENGINDEKS DOKUMEN. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/550
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persda

Daryanto. 2010. Media pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Edi, Irwan Cristianto. 2010. Studi Pemanfaatan Website. (sumber dari internet 05 Januari) http://ilmukomputer.com

Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Shira Media

Sadiman, dkk. 2006. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan & Pemanfaatannya). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran (Landasan dan Aplikasinya). Jakarta : Rineka Cipta