PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN SURAT MENYURAT MELALUI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON

Main Article Content

Chusnul Mananni
Ketut Sudarma
Hengky Pramusinto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan menganalisis apakah model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui kompetensi melakukan surat menyurat  pada siswa kelas X AP SMK Hidayah Semarang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK Hidayah Semarang Tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan siklus kegiatan pembelajaran yang terdiri dari dua siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya. Instrumen pengumpulan data berupa tes evaluasi dan lembar observasi untuk siswa dan guru.  Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar dari siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 73% naik di siklus II menjadi 80%. Prosentase aktivitas siswa juga naik dari70% pada siklus I menjadi 88,75% di siklus II. Aktivitas kinerja guru meningkat dari 72,8 menjadi 90.

 


The main purpose of Conducting Correspondence is to make students master the basic skills and abilities that must be possessed by students majoring Office Administration that is about the correspondence. The subject was students of class X AP Hidayah Vocational School of Semarang Academic Year of 2011/2012. The procedure of this study is the cycle of learning activity consists of two cycles, in which each cycle includes planning, action, observation and reflection. Data collection instrument in this study was the evaluation tests and observation sheets for students and teachers. The result obtained by the average student learning outcomes in the first cycle is 74 with classical completeness of 73%, while in the second cycle is 77.6 with classical completeness of 80%. The students' learning activity in the first cycle of 75 is in good category, while in the second cycle of 89.29 is in the excellent category. The teachers’ performance in the first cycle reached 72.8 and in the second cycle increased to 90

Article Details

How to Cite
Mananni, C., Sudarma, K., & Pramusinto, H. (1). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN SURAT MENYURAT MELALUI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/551
Section
Articles

References

Bastian, Indra. 2007. Akuntansi Pendidikan. Yogyakarta: Erlangga

Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung:Nusa Media

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana