PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PELAJARAN PRODUKTIF

Main Article Content

Masfufati Azizah
Ade Rustiana
Hengky Pramusinto

Abstract

SMK bertujuan menciptakan lulusan yang siap kerja, sehingga siswanya perlu menguasai aspek psikomotorik dalam pembelajaran, salah satunya kreativitas siswa.Akan tetapi pembelajaran yang selama ini dilakukan di kelas X AP 3 SMK Negeri 1 Salatiga menunjukkan bahwa kreativitas siswa belum tampak.Kreativitas siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran ataupun penggunaan media pembelajaran. Untuk itu peneliti menerapkan model group investigation untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menerapkan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas siswa pada siklus I sebesar 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan model group investigation.

The object of vocational high school is create the graduate to ready to work, so the students must have master the psychomotor aspect in the learning objective, one of them the creativity. But, the learning has been done in class X AP 3 SMK Negeri 1 Salatiga shows if the creativity of students is not appear. Students creativity can increase by applying models or media of learning. So the researcher applying group investigation model to increase students creativity by using class action research method and consists of two circles. The research shows students creativity in the circle I is 70% and increase in the circle II be 85%. So can be conclude if students creativity can increase by applying group investigation models.

Article Details

How to Cite
Azizah, M., Rustiana, A., & Pramusinto, H. (1). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PELAJARAN PRODUKTIF. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/569
Section
Articles

References

Anni, C. T 2009.Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Campbell, D. 2009. Mengembangkan Kreativitas. Yogyakarta: Pustaka Kaum Muda.
Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, U. 2009. Mengembangkan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudira, P. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMK. http:/staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/buku-ktsp.pdf. (7 Agustus 2012)
Sutama. 2007. “Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Untuk Pengembangan Kreativitas Mahasiswa”. Dalam jurnal Varidika, Vol 19.No. 1, Juni 2007.
Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep Landasan Teoritis, Praktis, Dan Implementasinya. Jakarta:Prestasi Pustaka.