Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Berbantuan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ekonomi

Main Article Content

Siti Fiki Ikmah
Margunani Margunani
Agung Yulianto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan modul pembelajaran dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi terhadap hasil belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan Quasi eksperimental design postest only control group design. Fokus yang diteliti adalah hasil belajar dari segi proses (afektif dan psikomotor) maupun hasil berupa pemahaman siswa (kognitif). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, observasi dan tes sebagai dan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase, dan uji statistik.

Keaftifan siswa kelas eksperimen secara keseluruhan lebih aktif (77,78%) di bandingkan kelas kontrol (70,14%). Pada aspek kemahiran kelas kontrol dan kelas eksperimen sama-sama naik 12,5%, namun dari aspek kesiapan kelas eksperimen naik lebih unggul (25%) dibanding kelas kontrol(12,5%). Rata-rata nilai hasil post test kelas eksperimen lebih tinggi (81) dibandingkan kelas kontrol (73). Penerapan metode TAI berbantuan modul lebih efektif dibandingkan metode ceramah bervariasi terlihat dari pencapain ketuntasan nilai KKM sebesar 78,79% siswa tuntas.

Model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan modul efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa baik dari segi proses maupun hasil dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi (ceramah, tanya jawab dan penugasan). Guru disarankan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan modul pembelajaran pada pokok bahasan penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa karena telah terbukti efektif, siswa disarankan belajar mandiri menggunakan modul terlebih dahulu sebelum pembelajaran klasikal.

 


The aim of this study  are compare effectiveness between implementation TAI collaboration with learning module and implementation conventional learning method at economic lesson achievement of XI IPS, SMA Negeri 1 Bergas 2011/2012 period’s students. This research used Quasi experimental design pos test only control group design with documentation, observation and test collecting data technique. Based on the homogeneity, experimental class and control class was decided. Focus of this research are both, process (afektif and psychomotor) and test result (cognitive). Tabulation of data used descriptive percentage technique and statistic analysis by SPSS 16 version.

Experimental class’s student more active (77,78%) than control class’s (70,14%). Mean post test results of experimental class are higher (81) than control class (73). There are dissimilarity of classes mean, has shown by independent t test (thitung=2,291>ttabel=1,994), TAI method more effective than conventional method seen from 78,79% experimental class student pass over minimum student achievement rate are higher than control class (71,05%).

The conclusion are TAI method collaboration with learning module are more effective to increase student achievement than conventional learning method for financial report arrangement material. Economic-accounting teacher advised to use TAI method collaboration with learning module. Student advised to practice individual learning before classical lesson.

Article Details

How to Cite
Ikmah, S., Margunani, M., & Yulianto, A. (1). Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Berbantuan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/599
Section
Articles

References

Awofala, dkk. 2012. Effect of Framing and Team Assisted Individualized Instructional Strategies on Students’ Achievement in mathematics. Journal of The Association of Nigeria (JSTAN), Volume 46, issues no 2.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Fatimatuzzahro. 2011. “Implementasi Metode TAI terhadap Hasil Belajar AAkuntnasi Pokok Bahasan Laporan KEuangan pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Bawang Kabupaten Banjar”. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2009a. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta;Bumi Aksara.

Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Roesdakarya.
Rohendi, Dedi dkk. 2010. “Penerapan Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Dalam Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Vol 3 No 1/Juni 2010. Hal : 33-37 Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Santyasa, I wayan. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, dan SMK pada tanggal 12-14 Januari 2009. Jogjakarta : Universitas Gadjah Mada.

Sharan, Shlomo. 2011. The Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta : Familia.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Yulianto, Agung. 2007. “Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Mata Kuliah Teori Akuntansi melalui Pendekatan Discovery Learning”. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Dinamika Pendidikan Vol 2 No 1 Februari 2007. Hal : 73-83 Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.