PENGARUH METODE MENGAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA DIKLAT KEARSIPAN KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Article Content

Siti Nurkhalimah
Ismiyati Ismiyati

Abstract

Aktivitas belajar di sekolah cukup komplek dan bervariasi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas belajar peserta didik pada mata diklat kearsipan kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 9 Semarang.mengakibatkan penurunan jumlah pengunjung dari tahun ke tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. hasil analisis regresi linear berganda dengan persamaanY = 22,155 + 0,372X1 + 0,367X2. Besarnya pengaruh secara simultan antara metode mengajar dan fasilitas terhadap aktivitas belajar yaitu 55%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap aktivitas belajar secara parsial adalah metode mengajar sebesar 30,914% sedangkan untuk fasilitas belajar yaitu 21,996%.

 

Teaching and learning activities in schools are quite complex and diverse. The problem of this study wasthe low learning activity of the tenth grade students at Archival subject in Office Administration department at SMK Negeri 9 Semarang. The result of multiple linear regression analysis was Y = 22.155 + 0.372X1 + 0.367X2. The teaching method and teaching learning facility influenced simultaniously toward the learning activity for 55%. The variable which gave the largest impact on the learning activity was teaching method for 30,914% and the second largest impact was learning facility for 21,996%.

Article Details

How to Cite
Nurkhalimah, S., & Ismiyati, I. (1). PENGARUH METODE MENGAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA DIKLAT KEARSIPAN KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/6767
Section
Articles

References

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

-------------- 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gie, The Liang. 1988. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Harsanto, Radno. 2007. Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Moedjiono, Hasibuan. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Peserta Didik Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.