PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG

Main Article Content

Narendra Utama W
Subkhan Subkhan
Ahmad Nurkhin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi professional guru, fasilitas belajar, dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar akuntansi kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Semarang secara simutan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi berjumlah 40 siswa, yang semuanya dijadikan responden penelitian. Metode pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan deskriptif dan regresi linier berganda Analisis regresi linier berganda menunjukkan kompetensi professional guru, fasilitas belajar dan lingkungan sekolah berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 77,3%. Kompetensi professional guru berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 39,8%. Fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 24%. Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 38.7%. Dengan kompetesi  professional guru yang baik, fasilitas belajar dan lingkungan sekolah yang baik pula, akan meningkatkan hasil belajar.

The purpose of this study was to determine the influence of students' perceptions of teacher professional competence, learning, and school environment to study accounting results of class X in SMK Muhammadiyah 1 Semarang in simutan and partial. This research is quantitative, with a population of 40 students, all of which are used as research respondents. The data collection method used is the documentation and questionnaires. Methods of data analysis using descriptive and multiple linear regression Multiple linear regression analysis demonstrated professional competence of teachers, learning and school environment influence together on learning outcomes accounting for 77.3%. Professional competence of teachers affect the learning outcomes accounting of 39.8%. Learning facilities effect on learning outcomes accounting for 24%. School environment influence on learning outcomes accounting for 38.7%. With a good teacher professional competencies, learning and school environment is also good, will improve learning outcomes.

Article Details

How to Cite
W, N., Subkhan, S., & Nurkhin, A. (1). PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 4(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/6770
Section
Articles

References

Amirin, Tatang M., dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY PRESS.
Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta : Bumi Aksara.
Dalyono,M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Gie, The Liang. 2002. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta : Liberti.
Ghozali, Imam. 2011. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 19,0. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hamalik, Oemar. 2006. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.Jakarta : Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Marno dan M. Idris. 2009. Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta : Ar-ruzz Media.
Mulyani, Deni Nur Heri. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar, Kompetensi Professional Guru, Lingkungan Sekolah, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Jepon Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: FE UNNES.
Mulyasa, E. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nurdin. 2010. “Pengaruh Minat baca, Pemanfaatan Fasilitas dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu SMP Negeri 13 Bandar Lampung”. Dalam Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Volume 8 No.1 Hal 88-101 Bandar lampung: Universitas Lampung.
Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademika dan Kompetensi Guru.
Robbins, Stephen P., dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugihartono, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY PRESS.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung : CV. Alfabet.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Suwarno, Wiji. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media Group
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Trianto dan Tutik, Titik Triwulan.2007. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi dan Kesejahterahan.Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Werdayanti, Andaru. 2008. “Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 3 No.1 Hal 79-92 Semarang: UNNES.