PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIF BERPRESTASI DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 1 SUBAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Article Content

Ganang Novianto
Subkhan Subkhan

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas XI IPS belum optimal namun minat belajar, motif berprestasi dan kesiapan belajar sudah optimal. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh minat belajar, motif berprestasi dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi di SMAN 1 Subah secara simultan maupun parsial. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsionate random sampling. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik dan analisis statistik inferensial. Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Minat Belajar, Motif Berprestasi dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar secara simultan diperoleh 93,8%. Kontribusi parsial variabel bebas adalah 39,81% minat belajar, 17,55% motif berprestasi dan 27,56% kesiapan belajar. Ada pengaruh signifikan antara minat belajar, motif berprestasi dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Subah tahun pelajaran 2013/2014 secara simultan maupun parsial.

Learning achievement is influenced by various internal and external factors. In preliminary observations found that the majority of student achievement is not optimal, but the interest in learning, achievement motivation and readiness to learn which is owned by the students of class XI IPS SMAN 1 Subah were optimal. This study aims to determine the effect of the interest in learning, achievement motivation and readiness to learn on student achievement in class XI IPS accounting subjects in SMAN 1 Subah either simultaneously or partially. The population in this study were all students of class XI IPS SMAN 1 Subah. Proporsionate sampling using random sampling. Data collection methods used were questionnaires and methods of documentation. Data analysis method used is descriptive analysis of the percentage, the classical assumption test and inferential statistical analysis. Based on the results of research and discussion, we can conclude that there is a significant relationship between interest in learning, achievement motivation and readiness to learn the learning achievement of students of social class XI SMAN 1 Subah 2013/2014 school year either simultaneous or partially.

Article Details

How to Cite
Novianto, G., & Subkhan, S. (1). PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIF BERPRESTASI DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 1 SUBAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/6775
Section
Articles

References

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
_________. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Djaali, H. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Emmanuel, Affum-Osei. 2014. “Achievement Motivation, Academic Self-
Concept And Academic Achievement Among High School Students”.Dalam European Journal of research and reflection in educational sciences, Volume 2 No. 2 .Hal 1 Ghana: University of Cape Coast.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: BP UNDIP.
Khasanah, Titi Nur. 2012. ”Pengaruh Minat Belajar, Metode Mengajar
Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar
Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian
Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012”.
Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UNY
Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Nurazizah, Nunung. 2000. ”Kebutuhan Belajar, Motif Berprestasi dan
Proses Pembelajaran sebagai Faktor Determinatif terhadap
Prestasi Belajar Peserta Latihan Kerja. Tesis. Bandung:
Program Pascasarjana UPI.
Puspicahyani, Indah. 2006. Pengaruh Kesiapan Belajar, Pola Asuh Orang
Tua Dan Gaya Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar
Matematika Kelas III Semester 1 SMP Negeri 1 Banjarnegara
Tahun Ajaran 2005/2006. Skripsi. Semarang : FMIPA UNNES

Safari. 2005. Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non Tes. Jakarta : Puspendik dari (http://uinkediri.blogspot.com/2014/12/makalah-definisi-minat-belajar.html?m=1)
Siagian, Roida Eva Flora. 2013.“Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar
Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Dalam Jurnal Formatif, Volume 2 No.112-131. Hal 1 Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika .Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2014. Psikologi Pendidikan .Jakarta : PT Raja Grafindo Persada