ANALISIS DESKRIPTIF DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) OLEH GURU MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 SLIYEG KABUPATEN INDRAMAYU

Main Article Content

Sheilla Az Zahra
Widiyanto Widiyanto

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini antara lain : (1) Perencanaan pembelajaran PBL oleh guru Ekonomi (2) Pelaksanaan pembelajaran PBL oleh guru Ekonomi di SMAN 1 Sliyeg (3) Evaluasi pembelajaran PBL oleh guru Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sliyeg Kabupaten Indramayu. Alat analisis data adalah analisis interaksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Informan utama adalah guru mata pelajaran Ekonomi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Sliyeg selalu membuat perangkat pembelajaran di awal semester dan selalu menyusun dan mempersiapkan RPP sebelum mengajar. Pelaksanaan pembelajaran PBL oleh guru Ekonomi sudah cukup baik dan guru pun cukup memahami mengenai PBL dan mendapat respon positif dari siswa. Evaluasi dan penilaian dari guru Ekonomi masing-masing mempunyai cara yang berbeda, seperti quiz dan tanya jawab, lalu guru memberi nilai tambahan kepada siswa yang aktif dalam menjawab. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah guru sebaiknya meningkatkan pemahaman mengenai pembelajaran PBL. Guru harus lebih berwawasan luas, meningkatkan kretivitas dan inovatif dalam pelaksanaan PBL. Guru harus memperluas wawasan dan lebih kreatif lagi dalam mengembangkan cara evaluasi pada akhir pembelajaran.

One of these models is the learning of model PBL (Problem Based Learning). It is expected that a better model of PBL to increase student activity when compared with the model konvesional.So far this learning process is still dominated by a paradigm that states that a knowledge of the facts is to be memorized. Problems in this study include: (1) Planning of PBL learning by teachers of Economics (2) The implementation of PBL learning by Economics teacher at SMAN 1 Sliyeg (3) Evaluation of PBL learning by teachers of Economics.  The method used in this study is a qualitative method. The research was conducted in SMAN 1 Sliyeg Indramayu district. Data analysis is an analysis tool interaction. Techniques of data collection using interviews and documentation. Key informants were social studies teachers, Science, and Mathematics. Data analysis techniques in the study include: data collection, data reduction, data display and conclusion drawing or verification data. The results showed that teachers Economics lesson in SMAN 1 Sliyeg always made at the beginning of the semester learning devices and always arrange and prepare lesson plans sebelu mmengajar. Implementation of PBL learning by Economics teacher is good enough and the teacher was quite understand about PBL and chances, positive trespon of students. Evaluation and assessment of Economics teachers each have a different way, such as quizzes and question and answer, and then the teacher members additional value to students who are active in answering. The advice given in this research is the teacher should improve the understanding of the PBL learning. Teachers must be knowledgeable, increase kretivitas and innovative in the implementation of PBL. Teachers should broaden horizons and be more creative in developing ways of evaluation at the end of the lesson.

Article Details

How to Cite
Zahra, S., & Widiyanto, W. (1). ANALISIS DESKRIPTIF DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) OLEH GURU MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 SLIYEG KABUPATEN INDRAMAYU. Economic Education Analysis Journal, 4(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/6787
Section
Articles

References

Amir, M. Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Kencana
Cokroaminoto. 2011. Metode Wawancara mendalam dalam Penelitian Kualitatif. http://menulisproposal.blogspot.com/2011/04/wawancara-mendalam-indepth-interview.html. (27 Desember 2011)
Miles, B Matthew dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi. Jakarta: UI Press
Meleong, J Lexy. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Nurhayati, Abbas. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2009. Model Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Jakarta: Pustaka Pelajar
Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
http//:www.depdiknas.go.id. Diakses pada tanggal 6 April 2014.
http.google/kurikulum-2013.html. Diakses pada 25 Maret 2014.