LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA EKONOMI KELAS XI IPS SMA 1 BANGSRI 2012/2013

Main Article Content

Farid Rais Gunawan
Nanik Suryani

Abstract

Hasil penelitian menunjukan untuk lingkungan keluarga diperoleh thitung = 4,993 dengan sig = 0,00 < 0,05jadi lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara langsung,untuk variabel motivasi diperoleh thitung = 4,468 dengan sig = 0,00 < 0,05 jadi motivaasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara langsung, Variabel proses pembelajaran diperoleh thitung = 5,06 dengan sig = 0,00 < 0,05 jadi proses pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara langsung, hasil uji pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi terhadap proses pembelajaraan diperoleh keterangan baik lingkungan keluarga maupun motivasi berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Besarnya pengaruh langsung lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa secara langsung11% dan 9,5%. Sedangkan pengaruh tidak langsung sebesar 7% dan 11,3%.  Lingkungan keluarga baik secara langsung maupun secara tidak langsung berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA N 1 Bangsri tahun pelajaran 2013/2014. Motivasi baik secara langsung maupun secara tidak langsung berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA N 1 Bangsri tahun pelajaran 2013/2014. Saran dari penelian ini adalah Sebaiknya orang tua menanyakan proses belajaranak selama disekolah, menanyakan ilmu apa yang telah diperoleh disekolah hari ini.

 

The results showed for the family obtained t = 4.993 with sig = 0.00 <0,05 so family environment influence the student achievement directly, for the motivation variables obtained t = 4.468 with sig = 0.00 <0.05 so student motivation influence the student achievement directly, the learning process variables obtained t = 5.06 with sig = 0.00 <0.05 so the learning process influence the student achievement directly, test results of the influence from the family environtment and motivation to learning process was obtained both of family environtment or motivation affect the learning process. the magnitude of the direct influence of the family environment and motivation toward student learning outcomes directly 11% and 9.5%. While the indirect effect of 7% and 11.3%.  Family environment either directly or indirectly affect the learning outcomes of economic subjects at SMA N 1 Bangsri in academic year 2013 / 2014. The motivation either directly or indirectly affect the learning outcomes of economic subjects at SMA N 1 Bangsri in academic year 2013/2014. The suggestion of this thesis that parent should ask about their children learning process at the school, asking what they have had learn at school today.

Article Details

How to Cite
Gunawan, F., & Suryani, N. (1). LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA EKONOMI KELAS XI IPS SMA 1 BANGSRI 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 4(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/6788
Section
Articles

References

Abdrahman, Mulyono.1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ahmadi, Abu.1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, Jakarta
Ali, Muhammad. 1993 Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa
Anni, Tri. dkk. 2004. Psikologi Pembelajaran. Semarang: UPT UNNES Press
Arno F Witting, 1981. Theori and Problems Psychology of Learning. New York: McGraw – Hill,
Azwar, Saifuddin. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
E. R. Hilgard and G. H. Bower. 1996. Theories of Learning, New York: Meredith Publishing Company
Hadi, Sutrisno. 2006. Statistik. Yogyakarta: Audi Offset
http://id.wikipedia.org diakses tanggal 5 februari 2013 jam 08.15
http://id.wikipedia.org/wiki.motivasi. di browsing pada tanggal 17 Desember 2012 jam 22.15 WIB
http://www.artikata.com/arti-344462-pengaruh.html. di browsing tgl 25 desember 2012 jam 6:15
Jalaludin, 1995.Mempersiapkan Anak Shaleh. PT. Grafindo Persada, Jakarta
Kartono, Kartini. 2000/2005. Hygiene Mental, Mandar Maju. Bandung: Gramedia Pustakatama
Noto Soedirdjo, Moeljono dan Latipun, 2002 Kesehatan Mental. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Purwanto,M. Ngalim.1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Rosdakarya
Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos
Suharsimi, Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 1991. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2007. Statistik Nonparametris. Bandung: Alfabeta
Suryabrata, Sumadi.1998 Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
T. Morgan, Clifford. 1971 Introduction to Psychology. New York: The McGraw– Hill
Thabrany, Hasbullah. 1994. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa.
Wlodkowski, 1985. Motivasi dan Proses Dalam Proses Pembelajaran.