PENGARUH DISIPLIN DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK WIDYA P

Main Article Content

Ernawati Ernawati
Suhermini Suhermini
Marimin Marimin

Abstract

Perumusan masalah penelitian ini adalah: adakah pengaruh disiplin belajar dan cara belajar terhadap prestasi belajar Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran kelas X SMK Widya Praja Ungaran secara parsial maupun secara simultan?. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi perkantoran berjumlah 91 siswa. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, analisis deskriptif persentase. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= 27,618+0,323X1+0,392X2. Uji F diperoleh Fhitung = 71,074. Secara parsial (uji t) disiplin belajar (x1) diperoleh thitung = 3.321. Variabel cara belajar siswa (X2) diperoleh thitung = 3.921. Secara simultan (R2) disiplin belajar dan cara belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 60,9%. Simpulan penelitian ini adalah disiplin belajar dan cara belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar baik secara simultan maupun parsial.

Formulation of this research is: is there any influence learning discipline and learning on learning achievement Understanding Principles Implementation Office Administration class X SMK Widya Praja Ungaran partially or simultaneously?. This study population is students of class X Administrative offices totaling 91 students. Analysis of data using multiple regression analysis, descriptive analysis of the percentage. The results of multiple linear regression analysis obtained by the equation: Y = 27.618 +0.323 X1 +0.392 X2. The F obtained Fhitung = 71.074. Partially (t test) disciplinary learning (x1) obtained thitung = 3321. Variable student learning (X2) obtained thitung = 3921. Simultaneously (R2) disciplinary learning and how learning affects students' learning achievement by 60.9%. The conclusions of this research is the discipline of learning and how learning affects the learning achievement either simultaneously or partially.

Article Details

How to Cite
Ernawati, E., Suhermini, S., & Marimin, M. (1). PENGARUH DISIPLIN DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK WIDYA P. Economic Education Analysis Journal, 1(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/723
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineke Cipta
Iqbal, Hasan M. 2002. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistic Inferensi). Jakarta: Bumi Aksara.
Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mitra Media Press

Nasution. 2002. Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. Jakarta: PT. Bumi aksara
Prayoga, Agung. 2009. Pengaruh Disiplin Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang. Sekripsi. Semarang: FE UNNES
Rahmattika, Nur Indah. 2011. Pengaruh Kesiapan Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajara Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Semarang: FE UNNES
Tulus, Tu’u. 2004. Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo