PENGARUH MOTIVASI BELAJAR EKONOMI, GENDER DAN LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN (SUNAN PANDANARAN) TERHADAP PERILAKU BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS PADA SISWA KELAS XII IPS PUTRA DAN XII IPS PUTRI MA SUNAN PANDANARAN SLEMAN, YOGYAKARTA

Main Article Content

Siti Masruroh
Sandy Arief

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar ekonomi, gender dan lingkungan pondok pesantren (Sunan Pandanaran) terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas baik secara simultan maupun parsial. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS Putra dan siswi kelas XII IPS Putri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket/kuesioner. Variabel dependen pada penelitian ini yaitu perilaku belajar ekonomi siswa di kelas. Variabel independennya yaitu motivasi belajar ekonomi, gender dan lingkungan pondok pesantren (Sunan Pandanaran). Hasil uji hipotesis simultan menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar ekonomi, gender dan lingkungan pondok pesantren (Sunan Pandanaran) terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas. Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar ekonomi terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas, ada pengaruh gender terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas dan ada pengaurh lingkungan pondok pesantren (Sunan Pandanaran) terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas. Simpulan dari penelitian ini yaitu motivasi belajar ekonomi, gender dan lingkungan pondok pesantren (Sunan Pandanaran) berpengaruh terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas baik secara simultan maupun secara parsial. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini seperti minat terhadap mata pelajaran ekonomi dan dukungan orang tua yang secara parsial maupun simultan dapat berpengaruh terhadap perilaku belajar ekonomi siswa di kelas.

This study aimed to examine the effect of learning motivation economic, gender and environmental Boarding Sunan Pandanaran the behavior of students in the classroom studying economics either simultaneously or partially. Population and sample in this research were students of class XII IPS grader son and daughter XII IPS. Data collection method in this research using questionnaires / questionnaire. The dependent variable in this research is studying economics student behavior in the classroom. Independent variables namely motivation to learn economics, gender and environment Sunan Pandanaran boarding school. Conclusions from this research that the motivation to learn economics, gender and environment Boarding Sunan Pandanaran studying economics affect the behavior of students in the classroom either simultaneously or partially. For further research is expected to use other variables that are not used in this study as subjects of interest in the economy and support parents who are partially or simultaneously may affect the economic behavior of student learning in the classroom

Article Details

How to Cite
Masruroh, S., & Arief, S. (2015). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR EKONOMI, GENDER DAN LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN (SUNAN PANDANARAN) TERHADAP PERILAKU BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS PADA SISWA KELAS XII IPS PUTRA DAN XII IPS PUTRI MA SUNAN PANDANARAN SLEMAN, YOGYAKARTA. Economic Education Analysis Journal, 4(3). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/8503
Section
Articles

References

Ghozali, Imam.2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryati, Tri. 2013. ”Sikap dan Perilaku Siswa Berbasis Pondok Pesantren Sekolah Menengah Atas Hidayatul Muhsinin Kubu Raya” Artikel Penelitian. Pontianak:Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Kasyadi, Soeparlan, Maman Achdiat dan Suteno Barata. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Tangerang:Pustaka Mandiri.

Mardiana, Nina. 2012. ”Upaya Guru dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP”. Jurnal Pendidikan. Pontianak:FKIP Universitas Tanjungpura.

Murniati, A.Nunuk.P. 2004. Getar Gender. Magelang:Indonesia Tera.

Ningrum, Bipit Nindya. 2013. ”Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI di MAN Keboan Tahun Pelajaran 2012-2013”. Jurnal Pendidikan. Jombang:STKIP PGRI.

Panuntun, Sugih. 2013. ”Pengaruh Kepedulian Orang Tua Terhadap Perilaku Belajar Siswa di Kelas”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 01 No. 01, Juni 2013. Semarang:IKIP Veteran.

Sardiman A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta:PT. Raja Grafindo.

Sudarma, Momon. 2008. Sosiologi untuk Kesehatan. Jakarta:Salemba Medika.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung:Alfabeta.

Sukirno, Agus. 2013. ”Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar dan Minat Kompetensi Keahlian Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK 1 Pundong”. Skripsi. Yogyakarta:Fakultas Teknik UNY.

Sulistiana, Sriyono dan Nurhidayati. 2013. ”Pengaruh Gender, Gaya Belajar dan Reinforcement Guru Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013”. Jurnal Pendidikan. Purworejo:Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Wells, Rossano. S. 2011. “The Impact Of Motivation On Academic Success: Using The Imposter Phenomenon To Understand The Experiences Of A Selected Group In A ‘Black’ Higher Education Institution”. Dissertation. Department of Psychology, University of Zululand.

Wiliam-de Vries, Dede. 2006. Gender Bukan Tabu:Catatan Perjalanan Fasilitasi Kelompok Perempuan di Jambi. Bogor:Center for International Forestry Research (CIFOR).

Yasinta. 2013. ”Pengaruh Perilaku Belajar dan Motivasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Mandiri”. Artikel Penelitian. Pontianak:FKIP Universitas Tanjungpura.

masunanpandanaran.sch.id

pandanaran.org

sunan-pandanaran.blogspot.com