PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN, PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU AKUNTANSI DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP MINAT PADA PROFESI GURU AKUNTANSI (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri S

Main Article Content

Tuti Oktaviani
Agung Yulianto

Abstract

Minat pada diri seseorang, khususnya pada bidang pekerjaan dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik intern dan ektern. Minat mahasisw pada profesi guru akuntansi adalah  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara parsial praktik pengalaman lapangan, persepsi mahasiswa tentang profesi guru akuntansi dan kesejahteraan guru terhadap minat pada profesi guru akuntansi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi dengan menggunakan teknik simple random sampling dan perhitungan Table Isaac dan Michael didapatkan sample sebesar 119 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisi inferensial. Hasil penelitian menunjukansecara simultan praktik pengalaman lapangan, persepsi mahasiswa tentang profesi guru akuntansi dan kesejahteraan guru terhadap minat pada profesi guru akuntansi sebesar 31,9%. Sedangkan parsial Ada pengaruh praktik pengalaman lapangan terhadap minat pada profesi guruakuntansi sebesar 10,11%, tidak ada pengaruhpersepsi mahasiswa tentang profesi guru akuntansi terhadap minat pada profesi guru akuntansi serta ada pengaruh praktik pengalaman lapangan terhadap minat pada profesi guru sebesar 9%.

An interest in a person, especially in the field of work is influenced by several factors, both internal and extern. The purpose of this study was to determine the influence of the partial practice field experience, perception of students about the teaching profession of accounting and welfare of teachers to interest in the teaching profession of accounting. The study population was a student of accounting education by using simple random sampling technique and calculation Table Isaac and Michael obtained a sample of 119 students. Methods of data collection using the questionnaire. Methods of data analysis using descriptive analysis and inferential analysis. The results showed as simultan there is effect between practice of field experience, perception student towards profession as a accounting teacher and teacher’s welfare with amount 31,9%. The result as partial, there areeffect of the practice of field experience to the interest in the teaching profession accounting for 10.11%, no influence teachers' perceptions of students about profession as accounting teacher for interest in profession as accounting teacher as and teacher’s welfare influence to the interest in profession as accounting teacher by 9%.

Article Details

How to Cite
Oktaviani, T., & Yulianto, A. (2015). PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN, PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU AKUNTANSI DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP MINAT PADA PROFESI GURU AKUNTANSI (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri S. Economic Education Analysis Journal, 4(3). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/8522
Section
Articles

References

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Anoraga, Pandji. 2009. Psikologi Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ardiyani, Anis. 2014. Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan
Akuntansi Angkatan 2010 UNNES. Skripsi: Unnes

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Harjosumarto, Sarbini, dkk. 2004. “Minat Mahasiswa FIS UNY terhadap Jabatan Guru dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FISE UNY.

Hurlock, Elizabeth. 2010. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kisnanti. 2011. Persepsi Mahasiswa FKIP UIR terhadap Pelaksanaan PPL Tahun Ajajaran 2010/2011.Skripsi.Riau:Universitas Islam Riau

Prapanca, Yudha Surya. 2012. “Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Keguruan dan Nilai Mata kuliah Kependidikan Terhadap Penguatan Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang”. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Puspitasari, Devi. (2011). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Program Studi, Skripsi: Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta

Rakhmat, Jalaludin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Republik Indonesia.2008. Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Salman, Abu. 2008. Pengaruh Pengalaman PPL dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unniversitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2008. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Sarwono dan Sarlito, Wirawan. 1992. Psikologi Lingkungan. Jakarta : Grasindo

Shaleh, Abdul Rahman dan Wahab, Muhbib Abdul. 2005. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tracey, Terence J. G. 2007. “Moderators of the Interest Congruence- Occuptional Outcame Relation”. International Journal for Educational and Vocational Guidance. Diperoleh dari www.sciencedirect.com . Diunduh pada 30 Januari 2015

UnitPPL Unnes. 2013. Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Unnes. Edisi Revisi. Semarang:Unnes Pres

Uno, Hamzah B. 2009. Perncanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Usman, Moch Uzer.2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Witherington. 1999. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Unit,PPL.2014. Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Edisi Revisi. Semarang:Unnes Press